Kualitas pencahayaan alami masjid di lingkungan perkotaan padat penduduk

Zainurrahman, Aris, Siddiq Annur, Achmad, Khotob, Zainul and Fikriarini, Aulia (2012) Kualitas pencahayaan alami masjid di lingkungan perkotaan padat penduduk. Presented at TEMU ILMIAH IPLBI 2012 Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia, 3-4 Nov 2012, Bandung.

[img]
Preview
Text
13510.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Masjid sebagai tempat peribadatan umat Islam, menuntut agar memberikan kenyamanan semaksimal mungkin bagi jamaahnya hingga kenyamanan tersebut dapat menjadikan kita terasa lebih dekat dengan Allah. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan tersebut adalah kualitas pencahayaan. Namun tidak selamanya orang merasa nyaman ketika tubuhnya dikenai cahaya matahari. Perlu adanya batasan intensitas cahaya serta pengaturan arah dan waktu datangnya cahaya yang memberikan kenyamanan ketika diterima oleh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pencahayaan alami dalam masjid serta menghubungkannya dengan standar kenyamanan dalam ruang. Sebagai sample, dalam penelitian ini dipilih 3 Masjid, pengukuran kualitas pencahayaan dilakukan dengan bantuan alat luxmeter pada beberapa titik di dalam masjid. Analisis dilakukan dengan menggunakan variable: ukuran bukaan, jenis kaca pada bukaan, serta waktu. Dari hasil pengamatan didapat nilai iluminasi di tiap titik yang telah diukur, yang kemudian dibandingkan dengan standar kenyamanan pencahayaan. Dari ketiga masjid yang diamati, masing-masing memiliki beberapa titik yang memenuhi persyaratan kenyamanan pencahayaan dan beberapa titik yang tidak memenuhi syarat. Perbedaan kondisi pencahayaan dalam masjid tersebut dipengaruhi oleh posisi masjid itu sendiri terhadap bangunan lain di daerah perkotaan padat penduduk.

Item Type: Conference (Speech)
Keywords: pencahayaan; masjid; kenyamanan; perkotaan; luxmeter
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120104 Architectural Science and Technology (incl. Acoustics, Lighting, Structure and Ecologically Sustainable Design)
Divisions: University Library
Depositing User: Aulia Fikriarini
Date Deposited: 18 Apr 2023 14:18

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item