Mengenal anak dengan gangguan spektrum autism melalui program pembuatan visual support

Solichah, Novia, Anjarsari, Mery and Zainuddin, Aulia Zahwa (2022) Mengenal anak dengan gangguan spektrum autism melalui program pembuatan visual support. UIN Maliki Press, Malang. ISBN 978-623-232-856-3 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Image
13549.jpeg

Download (335kB) | Preview

Abstract

Pendidikan memainkan peranan penting dalam upaya terciptanya sumber daya manusia yang unggul. Sumber daya manusia yang unggul diharapkan akan memberikan pengaruh secara positif pada kemajuan sebuah bangsa. Hal ini dikarenakan pendidikan akan mempengaruhi kesejahteraan serta berkontribusi terhadap penurunan kemiskinan dan ketidaksetaraan (Unicef Indonesia, 2012). Demi terciptanya manusia yang unggul maka pendidikan haruslah diatur dalam sebuah sistem yang baik, serta dimulai sedini mungkin sebagai upaya memfasilitasi kebutuhan dan cara anak-anak dalam belajar.
Setiap anak mempunyai perkembangan yang unik. Beberapa anak mungkin mengalami keterlambatan dan perlu mendapatkan stimulasi tertentu untuk dapat berkembang sesuai dengan perkembangan pada umumnya akibat adanya gangguan perkembangan, baik yang bersifat sementara maupun menetap. Salah satu diantara gangguan perkembangan yang bersifat menetap adalah gangguan spektrum autisme atau autism spectrum disorder (ASD). Artinya, gangguan ini tidak akan benar-benar dapat “sembuh” atau dihilangkan selama rentang hidup seseorang dengan spektrum autisme. Oleh sebab itu, pengelolaan ASD perlu direncanakan dengan komprehensif dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi sehingga tujuan intervensi dapat tercapai dengan optimal.
Gangguan spektrum autisme adalah sebuah gangguan perkembangan kompleks yang disebabkan oleh gangguan pada otak (neurobiologis) dan berlangsung seumur hidup. Gangguan ini dicirikan oleh serangkaian karakter, dengan tingkat yang bervariasi, yang meliputi kekurangan dalam aspek interaksi sosial dan komunikasi verbal serta nonverbal, dan perilaku berulang. Gejala yang sangat menonjol adalah sikap anak yang cenderung tidak memperdulikan lingkungan dan orang-orang disekitarnya, seolah menolak berkomunikasi dan berinteraksi, serta seakan hidup dalam dunianya sendiri. Anak autistik juga mengalami kesulitan dalam memahami bahasa dan berkomunikasi secara verbal. Disamping itu seringkali anak dengan autisme menunjukkan perilaku menstimulasi diri seperti berputar-putar, mengepak-ngepakan tangan seperti sayap, berjalan berjinjit dan lain sebagainya.

Item Type: Book
Keywords: ASD; program ASD; visual support
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Novia Solichah
Date Deposited: 27 Apr 2023 13:16

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item