Tipologi manajemen tradisional dan modern dan klasifikasinya dalam manajemen pendidikan Islam

Anugrah, Audi, Amrullah, Abdul Malik Karim and Esha, Muhammad In'am ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8269-248X (2022) Tipologi manajemen tradisional dan modern dan klasifikasinya dalam manajemen pendidikan Islam. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 3 (1). pp. 1-19. ISSN 2721-2149

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13575.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pesantren merupakan model pendidikan asli Indonesia yang telah lama sekali ada di Indonesia. Pesantren merupakan warisan budaya pendidikan zaman Hindu ratusan tahun sebelum masuknya Agama Islam di Nusantara. Setelah menginjak masa modern yang dimulai dengan bergabungnya pendidikan umum dengan pendidikan agama dalam satu sekolah, banyak lembaga pendidikan Islam yang masih menggunakan manajemen model tradisional sedangkan sebagian besar telah berubah menjadi lebih modern. Perbedaan yang mendasar dari tipologi manajemen tradisional dan modern adalah tata kelolanya yang bersifat adaptif dan menyesuaikan terhadap kebutuhan stakeholder pendidikan serta bersifat lebih terbuka dengan masukan.

Item Type: Journal Article
Keywords: Tipologi; manajemen tradisional modern; klasifikasinya dalam manajemen pendidikan Islam
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 28 Apr 2023 01:11

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item