Rossidy, Imron Analisis konsep pendidikan anak menurut Al-Ghazali. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.
|
Text
13583.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Konsep pendidikan anak yang selama ini berkembang mayoritas berasal dari barat yang dibangun berlandaskan pandangan dunia yang sekuler-positifistik-materialistik. Padahal jauh sebelumnya, intelektual muslim telah melakukan banyak kajian yang mendalam tentang konsep pendidikan anak. Hanya saja, peneliti mencermati adanya kesenjangan teoritis dalam khazanah intelektual Islam, selama ini, penelitian-penelitian terdahulu hanya mengangkat tema pemikiran pendidikan Al-Ghazali secara generall, dan belum ada yang melakukan studi secara spesifik dan tematik tentang konsep pendidikan anak beserta implikasinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana konsep pendidikan anak menurut Al-Ghazali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis kajian pustaka dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi, linguistik, konsep, dan historis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan anak menurut Al-Ghazali dibangun berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang fitrah anak, ilmu, dan nilai-nilai yang diderivasi dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Ditinjau dari model tipologi aliran filsafat pendidikan, maka konsep pendidikan anak menurut Al-Ghazali dipetakan dalam tipologi perenialis-esensialis madzhabi. Konsep pendidikan anak Al-Ghazali termasuk aliran teori konvergensi teosentris.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | pendidikan anak; Al-Ghazali |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Mohammad Syahriel |
Date Deposited: | 01 May 2023 08:03 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |