Strategi implementasi model pembelajaran integrasi sains dan Islam dalam meningkatkan sikap spiritual di Madrasah Al-Islam Jamsaren Islamic Integrated Boarding School Surakarta

Rossidy, Imron (2022) Strategi implementasi model pembelajaran integrasi sains dan Islam dalam meningkatkan sikap spiritual di Madrasah Al-Islam Jamsaren Islamic Integrated Boarding School Surakarta. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img]
Preview
Text
13586.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama di sekolah-sekolah formal di Indonesia, dinilai oleh banyak kalangan telah gagal dalam mencapai tujuannya. Fenomena permasalahan diatas merefleksikan rendahnya sikap spiritual di kalangan peserta didik. Hal ini disebabkan lantaran pendidikan agama dewasa ini telah mengalami dualisme atau sekularisasi yaitu memisahkan antara agama dengan sains. Solusinya adalah diperlukan strategi implementasi Model Pembelajaran Integrasi Sains dan Islam Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, konklusi. Berdasarkan hasil analisis data data di lapangan dapat disimpulkan bahwa strategi implementasi model pembelajaran integrasi sains dan Islam dapat meningkatkan sikap spiritual siswa di MA Al-Islam Jamsaren Integrated Boarding School Surakarta. Indikator peningkatannya yaitu siswa semakin: a) rajin beribadah b) meyakini terjadinya hari kiamat, qada’ dan qadar; c) menghindari perilaku buruk; d) mempercayai keaslihan al-Quran; e) meyakini kekuasaan dan ke-Esa an Allah SWT. Adapun realisasi strategi integrasi sains dan Islam tersebut melalui tahapan perencanaan yang didalamnya memuat penyusunan kurikulum yang mengintegrasikan kurikulum K13, kurikulum tahfidz, dan muatan lokal. Penentuan bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran integrasi sains dan Islam dengan cara mengaitkannya dengan dalil-dalil al-Quran, pemilihan metode dan bahan ajar. Kemudian tahapan pelaksanaan pembelajaran integrasi sains dan Islam, sekolah memberikan kebebasan kepada para guru pada setiap mata pelajaran untuk menggunakan metode bahan, dan media yang mengintegrasikan sains dan Islam apapun selama itu dapat menunjang proses pembelajaran. Didukung pula dengan pembiasaan dan program-program integrasi sains dan Islam. Pada tahap evaluasi pembelajaran terintegrasi sains dan Islam, terdiri dari refleksi pembelajaran, penilaian sikap, serta pengkomunikasian hasil evaluasi kepada orang tua. Pada refleksi, guru memiliki cara yang berbeda ada yang menggunakan pemberian soal berbasis tes tulis maupun lisan berupa quiz. Kemudian dalam menyajikan hasil penilaian sikap pembelajaran integrasi sains dan Islam ke orang tua dengan cara menyampaikannya pada saat penerimaan laporan hasil belajar, dan pertemuan kelas dan visit home. Model integrasi yang diimpementasikan di madrasah ini dapat diklasifikasikan sebagai jenis model penggabungan antar model integrasi. Disamping itu juga menerapkan model integrasi bayani dan burhani.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: strategi; implementasi model; integrasi sains dan Islam; sikap spiritual
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Mohammad Syahriel
Date Deposited: 28 Apr 2023 15:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item