Pergeseran Paradigma Pembelajaran: Analisis Dampak Penerapan Asesmen Nasional Dalam Bingkai Teori Kognitif Sosial

Wibowo, Agus Mukti (2022) Pergeseran Paradigma Pembelajaran: Analisis Dampak Penerapan Asesmen Nasional Dalam Bingkai Teori Kognitif Sosial. Madrasah Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran DAsar, 14 (2). pp. 137-152.

[img] Text
sinta 3 MAdrasah Pergeseran paradigma.pdf

Download (391kB)

Abstract

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan kebijakan asesmen baru yang cukup mengundang kontroversi, yaitu meniadakan UN dan diganti dengan mekanisme asesmen baru yaitu Asesmen Nasional. Penerapan Asesmen Nasional akan berdampak pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dampak tersebut dengan menggunakan teori kognitif sosial sebagai perspektif. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan; penentuan topik penelitian yang dilanjutkan dengan meninjau literatur, reduksi literatur untuk menemukan bukti dan temuan, pengorganisasian literatur, review literatur dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asesmen Nasional dapat berdampak terhadap paradigma pembelajaran, terutama menyangkut dua hal yaitu posisi asesmen dan literasi. Dalam perspektif teori kognitif sosial, implikasi penerapan Asesmen Nasional terhadap pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat melalui analisis terhadap fungsi ketiga komponen yang ada di dalamnya, yaitu AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Ketiga komponen ini dapat dianalogikan dengan konsep Triadic Resiprocal Caustation Bandura, dimana AKM dan Survei Karakter mewakili Person dan Behavior, sedangkan Survei Lingkungan Belajar mewakili Environment. Adapun aspek literasi membaca dan numerasi diletakkan bukan sebagai tujuan pembelajaran, melainkan sebagai alat yang wajib peserta didik kuasai cara penggunaannya. Sebab itu, guru dituntut untuk mendukung penyiapan kognisi masing-masing peserta didik dalam menguasai konten materi pelajaran berbasis pada penguasaan dua literasi tersebut.

Item Type: Journal Article
Keywords: Paradigma Pembelajaran; Asesmen Nasional; Teori Kognitif Sosial
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Agus Mukti Wibowo
Date Deposited: 04 May 2023 23:27

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item