Mars AFKNI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia)

Yossi Indra Kusuma (2023) Mars AFKNI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia). 000444362.

[img] Video (MARS AFKNI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia))
watch_v=qyiDnbgsnz0 - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
14324.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MARS AFKNI (ASOSIASI FAKULTAS KEDOKTERAN NEGERI INDONESIA)

Lagu ini merupakan lagu resmi dari Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia (AFKNI). Diciptakan karena kebutuhan akan adanya lagu yang dapat dijadikan sebagai identitas yang akan dinyanyikan dalam acara pertemuan resmi oleh anggota-anggota AFKNI yang terdiri dari 40 (data per Februari 2023) Fakultas Kedokteran Negeri dari Seluruh Indonesia. Tujuannya selain untuk membakar semangat kebersamaan, juga diharapkan bias mengingatkan para anggota pada visi misi dari AFKNI. Atas usulan dari Dekan FK Unair, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG, Subs.F.E.R, kepada Dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW, M.Kes., Sp.Rad(K) yang akan menjadi tuan rumah forum dekan AFKNI, kemudian atas persetujuan dari Dekan FK Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, selaku Ketua AFKNI dan Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., selaku pendiri AFKNI, maka lagu ini dibuat. Lagu MARS AFKNI ini diciptakan oleh Dosen FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Yossi Indra Kusuma, S.Ked., M.Med.Ed. pada tanggal 6 Januari 2023 dan dikumandangkan pertama kali dalam Forum Dekan AFKNI di Batu pada tanggal 24 Februari 2023.

Lirik bait pertama lagu ini menceritakan tentang keberadaan Fakultas Kedokteran Negeri di Indonesia, yang berdiri dari ujung Sabang sampai dengan Papua. Fakultas Kedokteran merupakan pondasi dari Pelayanan Kesehatan di Indonesia karena berperan dalam melahirkan profesional kesehatan yang kompeten dengan melaksanakan tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Lirik bait kedua lagu ini memberikan gambaran tentang proses tentang bersatunya FK Negeri dari seluruh Indonesia, mulai dari membuat perkumpulan, menyatukan tujuan dan bersama-sama berjuang untuk mencapai cita-cita bersama di dalam bendera Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia. Tujuannya adalah dengan meningkatkan pencapaian kompetensi dan mutu dari lulusan profesional kesehatan.

Lirik dari reffrain bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh anggota untuk senantiasa memadukan tekad dan meningkatkan semangat untuk bersama-sama bersiap menghadapi tantangan dan tuntutan dari perkembangan iptek dll yang akan muncul di masa depan.

Selain memiliki makna yang tergambar di dalam lirik, lagu MARS AFKNI ini juga memiliki filosofi yang tersembunyi dalam komposisi nada. Nada di baris ketiga di setiap bagian lagu memiliki pola nada yang sama, namun ada kenaikan nada di akhir kalimat di setiap bagiannya. Hal ini memiliki maksud bahwa dalam berkinerja harus memiliki standar mutu yang sama sebagai dasar dan landasan. Namun standar ini perlu untuk selalu ditingkatkan agar tercapai continous improvement.

Lagu ini memiliki pengulangan 2x, memiliki maksud bahwa dalam siklus mutu, jika sebuah standar sudah tercapai perlu untuk dibuat standar baru, dan pelaksanaan siklusnya mengulang kembali seperti siklus mutu sebelumnya.

LIRIK LAGU MARS AFKNI

Verse 1 :
Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia
Berdiri kokoh di persada Nusantara
Pondasi pembangunan kesehatan Bangsa
Tri Dharma tugas yang utama

Verse 2 :
Berhimpun, bersatu, berjuang bersama
Wujudkan cita-cita mulia
Bangun kompetensi, tingkatkan mutu profesi
Di bawah panji AFKNI

Bridge :
Asosiasi Fakultas Kedokteran
Negeri Indonesia

Chorus :
Padukan tekad, satukan semangat
Hadapi tantangan masa depan
Bina kolaborasi mewujudkan harmoni
Bersama dalam AFKNI

Cauda :
Let’s Stand Together AFKNI

Item Type: Hak Cipta
Keywords: mars AFKNI
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1199 Other Medical and Health Sciences
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Medical Education
Depositing User: Yossi Indra Kusuma
Date Deposited: 04 May 2023 23:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item