Miski, Miski (2023) Rekognisi ḥadīṡ iftirāq dalam ruang multikultural. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 7 (1). pp. 79-94. ISSN 2580-3190
|
Text
14433.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (568kB) | Preview |
Abstract
Riset ini menganalisis dua hal utama yakni bagaimana hadis iftiraq dijadikan alat untuk melegitimasi keberadaan kelompok lain, dan bagaimana reaktualisasi hadis ini dalam kehidupan multikultural. Dalam tujuan tersebut, riset ini menggunakan pendekatan fiqh al-ḥadīṡ yakni dengan model analisis deskriptif-hermeneutis terhadap hadis yang menjadi obyek riset. Sebagai temuan, riset ini menunjukkan dua hal. Pertama, konsep “Sesuai Nabi dan para sahabat” dan “al-Jamā‘ah” telah ‘ditarik’ untuk memonopoli konsep keselamatan sebuah kelompok keagamaan tertentu. Kedua, dalam konteks kehidupan multikultural, ḥadīṡ iftirāq perlu dilihat sebagai sebuah teks yang terkoneksi dengan teks-teks lain, yakni, al-Qur’an dan hadis lainnya. Dalam hal ini, perlu ada pembedaan antar prinsip dalam berkeyakinan dan prinsip hidup berdampingan. Prinsip berkeyakinan menjadi hal yang bersifat vertikal: manusia dengan Allah; sedangkan prinsip hidup berdampingan bersifat horizontal: manusia dengan lingkungannya. Prinsip ini berkonsekuensi pada pentingnya menjaga nilai-nila kemanusiaan dan lain-lain demi kehidupan yang damai, seimbang, dan harmoni.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | ḥadīṡ iftirāq; multikultural; reaktualisasi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Faculty of Sharia and Law > Department of Al-Quran and Tafseer studies |
Depositing User: | Miski Miski |
Date Deposited: | 10 May 2023 13:38 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |