Pengaruh kecerdasan spiritual, pendapatan, dan hedonism lifestyleterhadap pengelolaan keuangan (studi kasus guru Pondok Pesantren An-Nur 3 “Murah Banyu” Malang)

Misbahuddin, Abdullah Afif and Prajawati, Maretha Ika ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3084-4031 (2023) Pengaruh kecerdasan spiritual, pendapatan, dan hedonism lifestyleterhadap pengelolaan keuangan (studi kasus guru Pondok Pesantren An-Nur 3 “Murah Banyu” Malang). Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 6 (1). pp. 75-87. ISSN ISSN : 2685-4716, E ISSN: 2746-282X

[img]
Preview
Text
14500.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (310kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual, pendapatan, dan hedonism lifestyle terhadap pengelolaan keuangan guru Pondok Pesantren An-Nur 3 “Murah Banyu” Malang. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif. Populasi yang dipilih pada penelitian ini adalah guru Pondok Pesantren An-Nur 3 “Murah Banyu” Malang yang berjumlah 70 orang. Untuk sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang, diperoleh dengan menggunakan formula Slovin dan ditentukan dengan teknik random sampling. dan data dikumpulkan dengan menggunakan penyebaran kuesioner, dan dokumentasi, untuk teknik analisis data yang digunakan ialah uji regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil pada penelitian ini menunujukkan hedonism lifestyle tidak berpengaruh pada pengelolaan keuangan, sedangkan kecerdasan spiritual, dan pendapatan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan guru Pondok Pesantren An-Nur 3 “Murah Banyu” Malang. Kecerdasan spiritual, pendapatan, dan hedonism lifestyle secara simultan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan guru Pondok Pesantren An-Nur 3 “Murah Banyu” Malang.

Item Type: Journal Article
Keywords: hedonism lifestyle; pengaruh kecerdasan; pendapatan; manajemen keuangan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Maretha Ika Prajawati
Date Deposited: 15 May 2023 07:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item