Studi fikih multidimensi: interrelasi ushul, kaidah dan ilmu fikih

Rohmanan, Mohammad ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5317-7836 (2023) Studi fikih multidimensi: interrelasi ushul, kaidah dan ilmu fikih. Edulitera, Malang. ISBN 978-623-485-084-0 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
14504.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa kajian terhadap bidang fikih memiliki urgensi tersendiri di setiap zaman. Hal ini dikarenakan perubahan zaman berjalan dengan cepat seiring perkembangan teknologi. Banyak hal-hal baru yang perlu diidentifikasi status hukumnya dalam Islam. Hal ini menuntut lahirnya individu-individu yang memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang fikih.
Fikih setidaknya memiliki 3 dimensi, yaitu Ushul Fikih yang berhubungan dengan sumber-sumber pengambilan hukum fikih, Kaidah Fikih yang berhubungan dengan aturan-aturan umum dalam menentukan suatu hukum, dan ilmu fikih yang berhubungan dengan hasil akhir atau produk dalam penggalian hukum fikih. Selama ini ketiga dimensi tersebut dipelajari secara terpisah dalam buku yang membicarakan masing-masing dimensi tersebut.
Di sini penulis mencoba menyajikan ketiga dimensi tersebut dalam suatu buku. Buku ini diawali dengan pembahasan tentang masalah-masalah teoritik seputar pengantar fikih. Kemudian dilanjutkan dengan permasalahan-permasalahan tentang ushul fiqh dan kaidah-kaidah fikih. Dan pada bagian selanjutnya disajikan tentang produk-produk fikih dalam berbagai permasalahan seperti fikih ibadah, muamalah, nikah, dan jinayah.
Dalam menyajikan diskusi tentang setiap permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam buku ini, penulis mencoba menunjukkan keterkaitan ketiga dimensi fikih tersebut. Sehingga pembaca merasakan keterlibatan ketiga dimensi fikih ketika membaca setiap permasalahan dalam buku ini. Dengan begitu nalar pembaca secara tidak sadar menjadi terlatih dalam mencerna setiap permasalahan-permasalahan fikih. Diharapkan dengan mempelajari buku ini, dalam diri pembaca tumbuh sesuatu yang disebut dengan istilah malakah fiqhiyyah, yaitu suatu nalar atau pola pikir yang tertanam pada diri seorang ulama fikih. Tentu nalar seperti ini sangat penting terutama dalam membahas atau mencari status hukum atas suatu permasalahan-permasalahan fikih yang selalu bermunculan seiring perubahan zaman.
Pemaparan terhadap suatu permasalahan dalam buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh setiap dengan berbagai latar belakang bidang keilmuannya termasuk pembaca yang tidak berkecimpung dalam bidang fikih maupun ushul fikih. Buku ini juga dilengkapi dengan barcode yang akan mengarahkan pembaca kepada website yang akan membantu pemahaman atau memperdalam pembahasan tentang suatu permasalahan.

Item Type: Book
Keywords: fikih; fiqh; kaidah fikih; kaidah fiqh; qawaid fiqh; qawa'id fiqhiyyah; studi fikih; studi fiqh; ushul fikih; ushul fiqh
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220304 Epistemology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220307 Hermeneutic and Critical Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: mohammad rohmanan
Date Deposited: 15 May 2023 10:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item