Mencicipi hidangan-Nya menambah nutrisi ruhani (sertifikat hak cipta)

Muhammad Hasyim (2023) Mencicipi hidangan-Nya menambah nutrisi ruhani (sertifikat hak cipta). 000469635.

[img]
Preview
Text
14656.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hidup ibarat berlayar mengarungi samudera luas, yang tentunya sangat membutuhkan persiapan dan bekal yang cukup sebab ombak dan badai boleh jadi dapat menghambat kita untuk dapat merapat ke dermaga dengan selamat.
Hal terbesar dalam kehidupan ini adalah nikmat Iman dan Islam yang telah Allah anugerahkan kepada kita. Salah satu bentuk syukur kita kepada-Nya atas anugerah-Nya, adalah menjalani kehidupan ini dengan selalu mendekatkan diri kepada-Nya melalui peningkatan kualitas takwa kita. Maka salah satu hikmah dari pesan takwa yang selalu disampaikan oleh khatib Jum’at adalah, paling tidak setiap pekan, kita selalu meng-update sekaligus meng-upgrade persiapan dan bekal kita ketika melaksanakan peran sebagai ‘abd dan khalifah fi al-ardh dalam mengarungi samudera ini.
Aspek takwa yang sangat luas cakupannya, tidak lain landasan utamanya adalah al-Qur’an. Dalam sebuah kesempatan, Rasulullah Saw bersabda :
إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ مَأْدُبَةُ اللَّهِ فِي الْأَرْضِ فَتَعَلَّمُوا مِنْ مَأْدُبَتِهِ مَا اسْتَطَعْتُمْ
“Sesungguhnya al-Qur’an ini adalah hidangan Allah di muka bumi ini, maka pelajarilah (nikmatilah) hidangan tersebut sesuai dengan kapasitas kemampuan kalian.”
Buku ”Mencicipi Hidangan-Nya Menambah Nutrisi Ruhani (25 Khutbah Singkat Sarat Makna)” ini merupakan salah satu ikhtiar untuk dapat “menikmati” hidangan-Nya tersebut, yang di dalamnya berisi beberapa tema khutbah tentang ibadah, kesalehan sosial, etika hidup dan kehidupan, serta beberapa tema lain yang semuanya berpangkal pada titik sentral, yaitu memupuk ketakwaan sebagai bentuk implementasi menjadi orang yang “cerdas” (al-Kayyis) sebagaimana dawuh Rasulullah Saw bahwa “orang yang cerdas adalah orang yang mampu menundukkan hawa nafsunya dan melakukan pekerjaannya dengan berorientasi pada kehidupan setelah kematian (akhirat).” Semoga.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Hidangan; kehidupan akhirat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: S. Hum, MA Muhammad Hasyim Hasyim
Date Deposited: 23 May 2023 09:59

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item