Menjadi mahasiswa kreatif

Aziz, Rahmat (2023) Menjadi mahasiswa kreatif. Deepublish, Yogyakarta. ISBN 978-623-02-6640-9 Author, Editor : Aziz, Rahmat and Wahyuni, Esa Nur.

[img] Text
14716.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa merupakan generasi yang dinamis, optimis, dan strategis dalam memajukan suatu bangsa. Mereka adalah individu yang bersemangat untuk mempelajari sesuatu yang baru dan mengembangkan ide-ide kreatif yang bermanfaat dalam kehidupan. Kreativitas dalam konteks pendidikan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menghasilkan gagasan atau solusi yang baru dan orisinal. Oleh karena itu, menjadi mahasiswa kreatif menjadi sangat penting dalam menghadapi tantangan masa depan. Dengan kata lain, pengembangan kreativitas pada mahasiswa merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan oleh para pengelola dan praktisi pendidikan di perguruan tinggi.
Pentingnya pengembangan kreativitas pada mahasiswa dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama, kreativitas memungkinkan mahasiswa untuk memiliki cara berpikir yang inovatif dan terbuka terhadap gagasan baru. Dengan memiliki pola pikir yang kreatif, mahasiswa dapat menghadapi masalah yang kompleks dan menemukan solusi yang inovatif. Kedua, kreativitas juga memungkinkan mahasiswa untuk mengekspresikan diri secara lebih efektif. Dengan cara ini, mereka dapat mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik, dan membantu mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Pentingnya kreativitas pada mahasiswa juga terkait dengan kebutuhan akan tenaga kerja kreatif di masa depan. Pada saat ini, kreativitas merupakan salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan. Mahasiswa yang memiliki kreativitas dan kemampuan inovasi akan lebih diminati oleh perusahaan, karena dianggap memiliki kemampuan untuk mengembangkan produk dan layanan yang baru dan orisinal. Oleh karena itu, menjadi mahasiswa kreatif sangatlah penting dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang semakin kompleks dan kompetitif.

Selain itu, kreativitas juga memberikan keuntungan pada lingkungan akademik di perguruan tinggi. Mahasiswa yang memiliki kreativitas cenderung lebih aktif dalam kegiatan akademik dan non-akademik. Hal ini dapat memicu tumbuhnya kreativitas dan inovasi pada lingkungan akademik. Kreativitas juga dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas akademik secara lebih efektif dan efisien. Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan yang diterima oleh mahasiswa.
Untuk memahami kreativitas secara lebih komprehensif, para peneliti telah mengembangkan konsep “P4 creativity” yang meliputi empat aspek yaitu Press, Process, Person, dan Product. Aspek press merujuk pada lingkungan atau situasi yang mempengaruhi kreativitas individu. Press dapat berupa stimulasi atau dorongan yang diterima individu dari lingkungan, baik itu dari institusi pendidikan, lingkungan keluarga, maupun lingkungan sosial. Dalam konteks pendidikan, lingkungan akademik yang kreatif dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide baru dan berinovasi. Aspek process merujuk pada proses mental yang terlibat dalam proses kreatif. Proses ini meliputi tahap-tahap yang dilalui individu dalam menghasilkan ide-ide baru dan kreatif. Aspek person Karakteristik ini mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan ide-ide baru dan berinovasi. Terakhir, aspek product merujuk pada hasil kreatif yang dihasilkan oleh individu. Pada mahasiswa, produk kreatif ini bisa berupa tulisan-tulisan akademik, karya seni, ide-ide bisnis, atau inovasi di dalam kampus.
Dalam konteks pendidikan, memahami konsep kreativitas dengan pendekatan ini dapat membantu institusi pendidikan dalam mengembangkan lingkungan yang kreatif dan mendukung bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Buku "Menjadi Mahasiswa Kreatif" membahas empat aspek kreativitas dengan fokus pada mahasiswa di tiga perguruan tinggi negeri di kota Malang, Kajian dalam buku ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang kreativitas pada mahasiswa di konteks pendidikan tinggi.
Buku ini terdiri dari enam bab yang membahas berbagai aspek kreativitas, mulai dari pengenalan kreativitas sampai pada model penelitian kreativitas. Bab pertama membahas tentang pengantar terhadap kreativitas dilanjutkan pada bab kedua yang mengkaji tentang lingkungan pendidikan kreatif. Dalam bab ini, dibahas bagaimana suatu lingkungan pendidikan dapat mempengaruhi kreativitas mahasiswa serta strategi untuk menciptakan lingkungan yang kreatif. Bab ketiga, membahas tentang proses kreatif atau pikiran kreatif yang menjadi kunci utama dalam menghasilkan produk kreatif. Bab keempat, membahas tentang kepribadian kreatif yang menjadi faktor penting dalam mempengaruhi kreativitas seseorang. Bab kelima membahas produk kreatif, khususnya tentang tulisan kreatif. Pembahasan ditutup dengan bab enam yang mengkaji tentang model penelitian yang dapat dilakukan untuk meneliti kreativitas.
Secara keseluruhan, buku ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih memadai tentang kreativitas dalam pendidikan tinggi dan membantu mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas mereka sehingga menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Selain itu, buku ini juga diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi para pengajar dan peneliti di bidang psikologi pendidikan, khususnya tentang kreativitas.
Penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan semua pihak dalam menyelesaikan buku ini. Buku ini tentunya bukanlah hasil kerja penulis sendiri, namun merupakan hasil dari kerja sama dan kolaborasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dalam pembuatan buku ini. Saya sangat menghargai dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan, mulai dari pengambilan data di lapangan, pembahasan hasil hingga masukan dan saran yang sangat berharga. Dengan adanya dukungan dan bantuan yang diberikan, buku ini dapat terwujud dan siap untuk dibagikan kepada para pembaca.
Buku ini tidak hanya sekedar produk intelektual semata, namun juga merupakan amal ibadah bagi semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam penulisan buku ini. Oleh karena itu, penulis berharap buku ini dapat memberikan sumbangan akademik yang signifikan dalam bidang keilmuan. Penulis berharap bahwa setiap kalimat yang tertulis dalam buku ini dapat menjadi inspirasi, memberi pandangan luas, serta membuka wawasan baru bagi para pembaca tentang kreativitas.

Item Type: Book
Keywords: berfikir kreatif; kepribadian kreatif; kreativitas; menulis kreatif; perguruan tinggi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr, Rahmat Aziz, M.Si
Date Deposited: 31 May 2023 13:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item