Ikmal, Ikmal, Tobroni, Tobroni and Sutiah, Sutiah (2022) Implementasi pengembangan kurikulum integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. pp. 399-416. ISSN 22528970
|
Text (Fulltext)
14731.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (228kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah implementasi integrasi keilmuan dan pelaksanaan kurikulum integratif dalam pembelajaran di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kurikulum integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan melalui langkah-langkah implementatif integrasi keilmuan, yang terdiri atas: pengembangan silabus dan RPS, penulisan buku ajar, perekrutan dan pembinaan dosen, bangunan kelembagaan, budaya kampus, laboratorium terintegrasi, dan khotmil Qur’an. Sementara itu, strategi pelaksanaan kurikulum integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan pada saat: memulai pembelajaran, menyampaikan pembelajaran, mengakhiri pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | implementasi; pengembangan kurikulum; integratif; UIN Maulana Malik Ibrahim |
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha |
Date Deposited: | 29 May 2023 15:08 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |