Menambang teks Al-Quran: upaya memaknai Al-Quran dengan pendekatan tekstual berbasis teknologi informasi

Zaman, Syahiduz and Suhartono, Suhartono (2023) Menambang teks Al-Quran: upaya memaknai Al-Quran dengan pendekatan tekstual berbasis teknologi informasi. Pena Ameen, Malang. ISBN 978-623-98384-9-2 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
14749.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

"Menambang Teks Al-Quran: Upaya memaknai Al-Quran dengan pendekatan tekstual berbasis teknologi informasi" adalah buku yang membahas tentang bagaimana teknologi informasi dapat membantu dalam memahami teks Al-Quran. Buku ini ditulis oleh Syahiduz Zaman yang merupakan dosen di bidang teknologi informasi dan memiliki keahlian dalam menggabungkan teknologi informasi dan tafsir Al-Quran.
Dalam buku ini, penulis membahas tentang bagaimana teknik-teknik seperti topic modelling, analisis sentimen, dan teknik-teknik tekstual lainnya dapat digunakan untuk menambang informasi dari teks Al-Quran. Buku ini membahas tentang bagaimana teknik-teknik tersebut dapat membantu dalam memahami makna dan arti dari ayat-ayat Al-Quran.
Buku ini juga membahas tentang bagaimana hasil dari penerapan teknik-teknik tersebut memengaruhi pendapat dan keyakinan para ulama dan ahli Al-Quran. Dalam buku ini, penulis juga memberikan diskusi tentang kelebihan dan kekurangan dari teknik-teknik tersebut dan bagaimana hasil analisis dapat digunakan untuk memahami teks Al-Quran.
"Menambang Teks Al-Quran: Upaya memaknai Al-Quran dengan pendekatan tekstual berbasis teknologi informasi" adalah buku yang sangat berguna bagi mereka yang ingin memahami teks Al-Quran dengan lebih baik melalui pendekatan tekstual dan teknologi informasi. Buku ini juga sangat berguna bagi para peneliti dan mahasiswa di bidang teknologi informasi dan tafsir Al-Quran.

Item Type: Book
Keywords: text mining; NLP; teks alQuran; tafsir tekstual
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Syahiduz Zaman
Date Deposited: 31 May 2023 13:13

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item