Mengatasi populisme politik: pendekatan demokratis berbasis penyelesaian masalah dan partisipasi publik

Zaman, Syahiduz (2023) Mengatasi populisme politik: pendekatan demokratis berbasis penyelesaian masalah dan partisipasi publik. Malang Times, Malang.

[img]
Preview
Text
14994.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview

Abstract

Populisme politik telah menjadi fenomena global yang menarik perhatian banyak orang. Dalam banyak kasus, populisme menarik bagi sebagian warga karena memberikan jawaban atas pertanyaan yang belum terjawab dan solusi sederhana untuk masalah yang sering diabaikan oleh agen politik lainnya. Namun, pendekatan ini sering kali menghasilkan solusi yang dangkal dan tidak memadai untuk masalah yang kompleks dan multidimensi.
Populisme politik adalah fenomena yang telah menjadi tantangan signifikan bagi demokrasi di seluruh dunia. Populisme sering kali menarik bagi sebagian warga karena memberikan jawaban atas pertanyaan yang belum terjawab dan solusi sederhana untuk masalah yang sering diabaikan oleh agen politik lainnya. Dalam banyak kasus, populisme politik muncul sebagai respons terhadap “perasaan alienasi” atau ketidakpuasan terhadap elit politik yang ada. Populisme politik sering kali menggabungkan retorika yang menarik dan janji-janji politik yang sederhana untuk menarik dukungan dari warga yang merasa tidak diwakili atau diabaikan oleh sistem politik yang ada.

Item Type: Other
Keywords: populisme; politik; alienasi; demokrasi
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1606 Political Science
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Syahiduz Zaman
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item