Upaya meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi Covid-19

Al Ardha, Muchamad Arif, Wahyuningtyas, Dessy Putri, Amri, Fahimul, Handayani, Noor Fazariah and Hatta, Heliza Rahmania (2023) Upaya meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14 (2). pp. 192-198. ISSN 26143674

[img]
Preview
Text
15060.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (432kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada pola dan metode pendidikan. Kometensi professional guru menjadi hal yang penting dalam beradaptasi dengan pembelajaran daring dan perubahan yang mengikutinya. Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi professional guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya-upaya yang dilakukan kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dalam meningkatkan kompetensi professional guru pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kepala seksudah bagusolah dan guru sebagai informan penelitian. Data-data yang terkumpul di validasi menggunakan triangulasi data dan dianalisis menggunakan Teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan upaya kepala sekolah antara lain mengadakan Kelompok Kerja Guru (KKG) intern, Studi banding, Melakukan mengawasan pembelajaran, Kunjungan guru, Seminar dan workshop serta memberikan motivasi kepada guru. Sedangkan hal yang menghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru antara lain : Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya kesadaran dari guru untuk meningkatkan atau mengembangkan potensinya, dan beberapa guru senior kurang mampu dalam mengoperasikan komputer atau perangkat pembelajaran online.

Item Type: Journal Article
Keywords: kompetensi guru; profesional; Covid-19
Depositing User: Dessy Putri Wahyuningtyas
Date Deposited: 16 Jun 2023 09:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item