Penerapan butir soal unsur bahasa Arab (bunyi, kosakata, struktur kalimat)

Saputra, Hadi, Fuadah, Faizatul, Yanti, Sri Afrida and Qomari, Nur (2022) Penerapan butir soal unsur bahasa Arab (bunyi, kosakata, struktur kalimat). Muhadasah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4 (2). pp. 118-138. ISSN 2721-9488

[img]
Preview
Text
15097.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu unsur terpenting dalam pendidikan, evaluasi dapat memberikan informasi tentang berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Guru biasanya belum menganggap serius kegiatan ini, sehingga menyusun perangkat penilaian dalam evaluasi masih belum melakukan langkah-langkah pengembangan perangkat sebagaimana mestinya, yaitu memperbaiki butir-butir pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekomendasikan soal tes unsur bahasa yang terdiri dari bunyi, kosa kata, dan struktur kalimat berdasarkan tingkatan siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Metode yang digunakan adalah metodologi penelitian dengan mengacu pada surat laporan Dirjen Pendidikan Agama Islam No. 3211 tahun 2022 bahwa persiapan ujian unsur kebahasaan dilakukan melalui 1) Menetapkan tujuan penilaian tes bunyi, kosa kata, dan struktur kalimat. 2) Menentukan substansi unsur kebahasaan dengan memperhatikan gramatikal mashdar sharih. 3) Pemilihan materi yaitu tentang Pekerjaan. 4) Menentukan bentuk pertanyaan yang terdiri dari menentukan bunyi kata, menentukan kalimat dan perbedaan kata, menampilkan jawaban singkat, jawaban gambar yang dilakukan secara tertulis. 5) Menetapkan pengaturan soal tes dengan pembagian 30% mudah, 40% sedang, dan 30% sulit. 6) Penyusunan kisi-kisi. 7) Menuliskan soal tes dengan bahasa yang jelas, lugas, tidak rancu, dan menitikberatkan pada inti permasalahan yang dimaksud.

Item Type: Journal Article
Keywords: penyusunan tes; bunyi; kosakata; struktur kalimat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Depositing User: Nur Qomari
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:52

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item