Rosidi, Sakban and Rofiqah, Rofiqah ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9476-6714 (2021) Penelitian terapan profesi pendidikan. Publica Indonesia Utama, Jakarta. ISBN 978-623-96310-9-3 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Image
15130.jpg - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Taksonomi Penelitian Bagaimanakah penggolongan penelitian bisa dilakukan? Apa yang membedakan antara penelitian murni dengan penelitian terapan? Apa sajakah ragam penelitian murni? Apa sajakah ragam penelitian terapan dalam profesi pendidikan? Acapkali kita merasa mengetahui sesuatu, misalnya seekor gajah, karena kita bisa menjelaskan secara cermat ciri-ciri seekor gajah. Sebenarnya, kemampuan menjelaskan ciri-ciri sesuatu baru merupakan sebagian dari tanda-tanda mengetahui. Sekurangkurangnya masih ada satu lagi tanda mengetahui, yaitu: bisa membedakan antara sesuatu yang dimaksud, misalnya seekor gajah, dengan sesuatu yang lain, misalnya harimau. Dengan ungkapan lain, mengetahui berarti tidak hanya ditandai oleh kemampuan menjelaskan ciri-ciri sesuatu yang ditunjuk, tetapi juga ditandai oleh kemampuan membedakan sesuatu yang ditunjuk tersebut dengan sesuatu yang lain. Merujuk penanda ringkas tentang mengetahui tersebut, seseorang dinyatakan mengetahui penelitian terapan apabila, pertama, bisa menjelaskan ciri-ciri utama penelitian terapan, dan kedua bisa mengenali perbedaan antara ciri-ciri penelitian terapan dengan penelitian murni atau penelitian dasar. Karena itu, sebagai pengantar pembahasan tentang konsep, model, dan metode penelitian terapan, berikut dibahas serba ringkas tentang: (1)taksonomi dan kategorisasi, (2) ragam penelitian murni, dan (3) ragam penelitian terapan.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | penelitian terapan; profesi pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Rofiqah Rofiqah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 15:13 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |