Transisi kurikulum di Indonesia berakibat bagi pelayanan bimbingan dan konseling dalam pelayanan mahasiswa di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Sugiarti, Tutut ORCID: https://orcid.org/0009-0000-9694-0096 (2023) Transisi kurikulum di Indonesia berakibat bagi pelayanan bimbingan dan konseling dalam pelayanan mahasiswa di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3 (2). pp. 50-59. ISSN 2774-8030

[img]
Preview
Text
15146.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui akibat transisi kurikulum 2013 menjadi kurikum merdeka dalam pelayanan bimbingan dan konseling di Fakultas/Program Study. Penelitian ini dilakukan dengan metode Literature Review dan Survey, dimana peneli melakukan review terhadap berbagai tulisan artikel, dokumen, dan file yang terkait dengan Impelentasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka serta Wawancara tidak terstuktur berdasarkan topik penelitian mengenai Pelaksanan kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam layanan Bimbingan Konseling di Fakultas/Program Study. Hasilnya menemukan bahwa masih ada permasalahan yang dialami oleh Dosen BK dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di Program Studi dalam Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka. Penulis bertugas sebagai Pengembang Teknik Pembelajaran (PTP) pada Fakultas Psikologi telah mencermati adanya implementasi Kurikulum Merdeka melalui layanan bimbingan konseling mahasiswa, sebagai wujud pembinaan karakter kesejahteraan psikologi mahasiswa dengan dosen mata kuliah. Selain itu, berkolaborasi dengan orang tua mahasiswa agar ikut menjalankan peranan dosen bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter mahasiswa, sebab berbagai dampak positif untuk bimbingan dan konseling, melalui layanan wujud karakter mahasiswa, di antaranya meningkatkan dan membantu prestasi mahasiswanya. Beberapa mahasiswa ada kesulitan dalam belajar dan memahami materi pembelajaran, serta membutuhkan perhatian lebih dari dosen dengan adanya bimbingan dan konseling pribadi khusus mahasiswa, sehingga bisa meningkatkan prestasi perkuliahannya.

Item Type: Journal Article
Keywords: kurikulum 2013; Kurikulum Merdeka; pelayanan bimbingan dan konseling
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Tutut Sugiarti
Date Deposited: 27 Jun 2023 13:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item