Terminologi tarbiyah, ta'lim, dan ta'dib dalam perspektif Naquib Al-Attas

Mubarak, Ruma (2023) Terminologi tarbiyah, ta'lim, dan ta'dib dalam perspektif Naquib Al-Attas. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (1). pp. 54-63. ISSN 28073959

[img]
Preview
Text
15190.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (317kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan konsep ta’dib dalam pandangan Naquib al-Attas yang dikomparasikan dengan istilah tarbiyah dan ta’lim. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research), dimana penulis mengunakan metode penelitian deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada. Selain itu penulis juga menggunakan studi teks. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan metode content analysis. Adapun kesimpulannnya; Pertama, tarbiyah dalam pandangan al-Attas terlalu umum mengingat penggunaan term terbiyah dalam medan semantiknya telah mengalami perluasan pada spesies-spesies lain seperti hewan, tanaman bahkan sampai pada benda-benda mikro organik seperti mineral. Kedua, istilah ta’lim dalam pandangan al-Attas masih terlalu umum dimana penggunaannya tidak hanya terbatas pada manusia, tetapi juga selain manusia. Ketiga, bagi Naquib al-Attas istilah ta’dib lebih tepat untuk menjelaskan istilah pendidikan Islam karena adab adalah pengetahuan yang berujung pada pemahaman yang menghindarkan manusia dari kesalahan-kesalahan. Adab adalah pengetahuan yang mendisiplinkan diri manusia dalam segala aktivitas intelektual dan tingkah lakunya.

Item Type: Journal Article
Keywords: Naquib Al-Attas; pendidikan Islam; tarbiyah; ta’lim; ta’dib
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Ruma Mubarak
Date Deposited: 05 Jul 2023 10:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item