Perhitungan harga pokok penjualan dan pemahaman proposal bisnis pada umkm kampung tape Dusun Krajan Desa Candibinangun Kabupaten Pasuruan Jawa Timur

Mardiana, Mardiana, Vania, Amelindha ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5742-4304, Sucipto, Agus, Retnasih, Nora Ria ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5915-8871 and Alim, Syahirul (2023) Perhitungan harga pokok penjualan dan pemahaman proposal bisnis pada umkm kampung tape Dusun Krajan Desa Candibinangun Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Community Service Report. UIN Maliki Malang, Malang. (Submitted)

[img]
Preview
Text
15212.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Suatu usaha (termasuk di dalamnya UMKM) pada umumnya bertujuan untuk mendapatkan laba yang optimal yang dimaksudkan untuk terus dapat bersaing. Dengan demikian UMKM harus memiliki strategi dan kebijakan yang tepat. Strategi dan kebijakan yang harus ditetapkan salah satunya adalah kebijakan dalam menentukan harga pokok produksi dan harga jual yang dihasilkan oleh badan usaha. Tujuan perhitungan harga pokok produksi dalam suatu usaha selain untuk menentukan harga jual yang sesungguhnya agar lebih dapat bersaing dengan usaha kecil lainnya, juga untuk dapat mengidentifikasi biaya produksi sehingga memungkinkan mencari cara dalam memperkecil biaya dengan mengidentifikasi biaya mana yang dapat dikurangi untuk mendapatkan harga pokok produksi yang lebih murah. Hampir keseluruhan UMKM Kampung Tape Desa Candibangun belum memahami bagaimana menghitung harga pokok penjualan (HPP) dan membuat proposal bisnis yang tepat. Oleh karena itu, perhitungan HPP sebelum menetapkan harga agar didapatkan harga jual yang sesuai. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kali ini adalah in-class discussion dan praktek langsung. Sehingga output dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah memberi pengetahuan dan membantu perhitungan HPP dan memberikan pemahaman dalam pembuatan proposal bisnis.

Item Type: Community Service
Keywords: harga pokok penjualan; proposal bisnis
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Amelindha Vania
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item