Efektivitas pemanfaatan kitab kuning terhadap pemahaman mata kuliah pengembangan materi Qur'an dan Hadis bagi mahasiswa PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta)

Abdul Fattah (2022) Efektivitas pemanfaatan kitab kuning terhadap pemahaman mata kuliah pengembangan materi Qur'an dan Hadis bagi mahasiswa PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta). 000421773.

[img]
Preview
Text
15260.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran dengan mengintegrasikan antara pendidikan pesantren dan kampus menjadi ciri khusus di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yakni dengan adanya Ma’had Sunan Ampel Al-Aly sebagai pendukung dalam mengkaji mata kuliah keagamaan salah satunya yaitu pengembangan materi Qur’an dan Hadis. Dalam pembelajaran pengembangan materi Qur’an dan Hadis tentunya menggunakan berbagai rujukan kitab kuning, turats, dan tafsir yang relevan. Maka tulisan ini berfokus pada kajian untuk mengukur seberapa efektif pemanfaatan kitab kuning pada pembelajaran mata kuliah pengembangan Qur’an dan Hadis dengan sasaran mahasiswa program studi pendidikan agama Islam di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun metode dalam tulisan ini dengan studi pustaka dan studi lapangan memanfaatkan platform google form untuk mengambil respon para mahasiswa yang menjadi obyek penelitian. Dari data yang diperoleh kemudian diolah dengan perhitungan skala liker menggunakan SPSS dan excel untuk mereduksi dan menganalis data yang diperoleh sebagai acuan dasar dalam penelitian ini.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: kitab kuning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: laily nur arifa
Date Deposited: 14 Jul 2023 12:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item