Muallifah, Muallifah ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6431-5613 (2023) Model peer counseling: tinjauan teori dan implementasi. Edulitera, Malang. ISBN 978-623-485-101-4 Author : Muallifah, Muallifah.
Text
15307.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Cepatnya perubahan tekhnologi dan berbagai macam tuntutan penyesuaian berdampak pada kesiapan semua kalangan dalam menghadapinya, termasuk mahasiswa. Mahasiswa merupakan masa peralihan dari remaja menuju dewasa yang memiliki peran untuk bisa melakukan berbagai kegiatan secara mandiri. Kemandirian dilakukan baik dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik maupun dalam menyelesaikan permasalahan. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan, baik permasalahan akademik, sosial maupun emosional membutuhkan kemampuan yang Tangguh dalam menghadapi semua kesulitan maupun tantangan yang ada. Kemampuan tersebut sering disebut sebagai kemampuan resiliensi. Mahasiswa yang memiliki resiliensi bagus akan cenderung lebih optimis dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai permasalahan maupun tantangn dalam kehidupan, termasuk dalam menapai tujuan keberhasilan. Sementara kemampuan resiliensi salah satunya bsia didapatkan dari sharing dan komunikasi bersama dengan teman sebaya melalui kegiatan peer counseling. Naskah buku ini adalah hasil penelitian yang penulis susun menjadi buku. oleh karena itu, buku ini ini bukan hanya sekedar atau berisi muatan teori saja, namun juga berisi tentang kajian implementasi dari hasil penelitian yang sduah penulis lakukan. Maka buku ini diberi Judul “Model Peer counseling; Kajian Teori dan Implementasi”. Penyelesaian buku ini merupakan proses Panjang yang dilakukan penulis, dimulai dari setiap pendampingan berbagai permalsahan mahasiswa yang selanjutnya dibuatkan komunitas konseling sebaya atau peer counseling. Secara praktis penulis menjadi pembimbing dalam kegiatan konseling sebaya tersebut. Selanjutnya ungkapan terimakasih yang tidak terhingga kepada semua piohak yang ikut terlibat dalam penyelesaian buku ini, mulai dari penelitian sampai pada penulisan buku. Sehingga penulisan buku ini selesai dan bisa disampaikan kepada pada pembaca sebagai acuan praktisnya.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | peer counseling; model; theory; implementation |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | MA Muallifah Ny |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:14 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |