Dokumentasi masjid-masjid bersejarah di Jawa Timur: analisis tipo-morfologi, spasialitas, dan temporalitas arsitektur

Putrie, Yulia Eka ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9693-5841, Maslucha, Luluk, Handryant, Aisyah Nur, Junara, Nunik and Rahmah, Sukmayati (2023) Dokumentasi masjid-masjid bersejarah di Jawa Timur: analisis tipo-morfologi, spasialitas, dan temporalitas arsitektur. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
15363.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jawa Timur merupakan salah satu pusat penyebaran Islam di Nusantara oleh para wali. Jejak para wali di Jawa Timur di antaranya adalah masjid dan makam. Walaupun demikian, tidak banyak masjid wali yang masih mempertahankan sebagian atau seluruh bangunannya di tengah perkembangan zaman. Salah satu contohnya adalah Masjid Agung Tuban yang terletak dalam satu kawasan dengan makam Sunan Bonang. Masjid ini telah mengalami berkali-kali pemugaran total, terlepas dari statusnya sebagai Benda Cagar Budaya (BCB). Sementara itu, terdapat pula situs cagar budaya berupa makam yang terpisah dari masjid, seperti makam Sunan Drajat di Lamongan. Karena itu, di dalam penelitian ini, masjid-masjid wali yang dipilih adalah masjid yang masih mempertahankan minimal sebagian bentuk, elemen-elemen arsitektur, maupun tata letak ruang dan kawasan. Masjid-masjid bersejarah yang direncanakan sebagai objek studi adalah kawasan Masjid Sunan Ampel Surabaya, kawasan Masjid Sunan Giri Gresik, dan kawasan Masjid Sendang Duwur Lamongan. Ketiganya merupakan kawasan masjid yang terintegrasi dengan makam bersejarah peninggalan para wali yang telah dikenal luas dan sering diziarahi, serta berpotensi mengalami perubahan yang cepat akibat berbagai dinamika masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan menganalisis tipo-morfologi, sekaligus aspek spasialitas dan temporalitas masjid berdasarkan hasil dokumentasi arsitektur masjid-masjid bersejarah di Jawa Timur. Kontestasi ekonomi, politik, sosial, budaya yang terjadi di masyarakat juga seringkali melibatkan masjid sebagai ruang publik dan menghasilkan dinamika berupa transformasi fisik dan perubahan pemaknaan yang sangat cepat terhadap objek-objek bersejarah. Hasil penelitian ini terdiri dari (1) rekaman dokumentasi arsitektur atau data base berbasis web dari hasil dokumentasi masjid-masjid bersejarah secara lengkap, menarik, dan terstruktur (measured drawing, sketsa, pemotretan, pemodelan tiga dimensi, hingga virtual tour) sebagai bagian dari upaya pelestarian atau preservasi arsitektur, (2) studi tipo-morfologi arsitektur masjid untuk merekam karakteristik fisik dan pola perubahan fisik masjid bersejarah, dan (3) studi spasialitas dan temporalitas untuk menggali aspek-aspek non-fisik berupa nilai dan pemaknaan dari pengalaman keruangan masyarakat di masjid-masjid bersejarah di Jawa Timur.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: dokumentasi; spasialitas; temporalitas; masjid bersejarah; Jawa Timur
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120102 Architectural Heritage and Conservation
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Dr. Yulia Eka Putrie
Date Deposited: 07 Aug 2023 14:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item