Apa itu kuasi kualitatif?

Rahardjo, Mudjia (2023) Apa itu kuasi kualitatif? Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Sastra Inggris / Humaniora, Semester Ganjil. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
15379.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Dalam metode penelitian dikenal sebuah desain penelitian yang disebut “kuasi kualitatif.” Tidak jarang konsep ini membingungkan, terutama bagi peneliti pemula. Ada yang menganggap “kuasi kualitatif” sama dengan kualitatif atau disebut deskriptif kualitatif, sebuah konsep yang dianggap salah kaprah. Para pakar penelitian kualitatif seperti Creswell, Taylor, Bogdan dan sebagainya tidak mengenal istilah deskriptif kualitatif. Kita tidak tahu bagaimana awal mula konsep tersebut begitu masif digunakan dalam penulisan karya ilmiah kualitatif di Indonesia di semua tingkatan pendidikan. Mungkin karena di dalam metode kuantitatif ada konsep deskriptif kuantitatif, maka dalam penelitian kualitatif muncul deskriptif kualitatif. Karena sumbernya tidak jelas dan para pakar tidak mengenalnya, menurut Burhan Bungin (2022), lebih baik kita tinggalkan konsep “deskriptif kualitatif” dan menggantinya menjadi “kuasi kualitatif.”

Item Type: Teaching Resources
Keywords: desain penelitian; kuasi kualitatif
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Harir Mubarok
Date Deposited: 10 Aug 2023 09:52

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item