Aplikasi optimasi travelling salesman problem with Time Windows (TSPTW) pada penjadwalan paket rute wisata di pulau Bali menggunakan algoritma genetika berbasis Android

Priandani, Nurizal Dwi ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0418-7373, Holle, Khadijah Fahmi Hayati, Junikhah, Allin, Aziza, Miladina Rizka ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8832-7398, Hasanah, Novrindah Alvi, Zafirah, Yasmin, Fahmi, Fariz Rifqi Zul, Hanggara, Fuad Dwi ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9018-0249 and Kurniawan, Fachrul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3709-8764 (2023) Aplikasi optimasi travelling salesman problem with Time Windows (TSPTW) pada penjadwalan paket rute wisata di pulau Bali menggunakan algoritma genetika berbasis Android. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
15434.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bali merupakan sebuah provinsi di Indonesia dan Denpasar sebagai ibukota provinsi tersebut. Pulau Bali merupakan primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Hal tersebut menjadikan sektor pariwisata di Bali menjadi objek pendapatan terbesar bagi Pulau Bali. Meskipun terdapat banyak paket wisata yang ditawarkan oleh agen perjalanan, tidak sedikit wisatawan yang kurang tertarik bahkan tidak menyukainya. Hal tersebut dikarenakan ketidaksesuaian jadwal yang telah ditentukan oleh agen dengan keinginan para wisatawan. Waktu yang singkat dan banyaknya destinasi wisata yang ingin dikunjungi, membuat wisatawan harus menjadwalkan perjalanan wisatanya seefektif mungkin. Sehingga diperlukan pengembangan sebuah aplikasi berbasis mobile dengan menerapkan algoritma genetika pada permasalahan TSP-TW (Travelling Salesman Problem with Time Windows) yang digunakan untuk mempermudah para wisatawan sebagai pengguna atau user. sehingga dapat melakukan perjalanan dengan jadwal dan rute yang lebih efektif. Pada penelitian ini, terdapat beberapa pengujian yang dilakukan seperti pengujian banyaknya populasi dan generasi. Dengan menggunakan kombinasi Crossover rate (Cr) dan Mutation rate (Mr) sebesar 0,5 pada metode Algoritma Genetika untuk permasalahan TSP-TW yang digunakan, dapat menghasilkan nilai fitness sebagai solusi optimal sebesar 0,00038.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: mobile application; optimasi; penjadwalan; rute wisata
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Nurizal Dwi Priandani
Date Deposited: 01 Sep 2023 16:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item