Edukasi zat aditif makanan yang berbahaya dan cara analisa secara sederhana di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang

Khoiroh, Lilik Miftahul ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6634-6571, Hanapi, Ahmad and Kartika, Siska Ela (2023) Edukasi zat aditif makanan yang berbahaya dan cara analisa secara sederhana di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang. Community Service Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
15451.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Zat aditif merupakan bahan yang ditambahkan ke dalam makanan untuk memperbaiki citra rasa maupun penampilan makanan. Zat aditif berbahaya jika ditambahkan ke dalam makanan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, namun hal tersebut jarang disadari oleh konsumen khususnya ibu-ibu rumah tangga yang menyiapkan makanan buat keluarganya. Tujuan dari pelaksanaan pengadian ini adalah agar masyarakat kelurahan Tlogomas mengetahui dampak negatif penggunaan zat aditif berbahaya pada makanan serta menerapkan pola makan yang bergizi dan dapat secara mandiri melakukan analisis zat aditif pada makanan secara sederhana. Hasil pengabdian menunjukkan masyarakat kelurahan Tlogomas paham terhadap zat aditif namun mereka kurang menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi. Sebanyak 92% masyarakat paham tentang bahaya penggunaan boraks dan formalin pada makanan namun tidak mengetahui cara yang sederhana dalam mendeteksi zat aditif tersebut. Hanya sekitar 51% masyarakat yang memahami cara analisa boraks. Cara analisa boraks secara sederhana dapat dilakukan dengan bahan alam diantaranya kunyit dan bunga telang, sedangkan untuk mendeteksi adanya formalin dengan getah pepaya. Kunyit jika berinteraksi dengan natrium boraks akan berwarna merah sedangkan bunga telang jika berinteraksi dengan kunyit akan berwarna hijau. Sedangkan untuk mengidentifikasi adanya formalin yaitu dengan meneteskan getah papaya pada larutan formalin sehingga terbentuk gumpalan putih.

Item Type: Community Service
Keywords: zat aditif; analisis kualitatif; boraks; formalin; kunyit; bunga telang; getah pepaya
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Siska Ela Kartika
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item