Penguatan perilaku ramah lingkungan melalui program pemilahan dan daur ulang sampah meningkatkan value added pesantren yang sehat dan zero waste pada Pesantren An-Nahdliyah Karangploso Kabupaten Malang (sertifikat hak cipta)

Nihayatu Aslamatis Solekah dan Jumriyah (2023) Penguatan perilaku ramah lingkungan melalui program pemilahan dan daur ulang sampah meningkatkan value added pesantren yang sehat dan zero waste pada Pesantren An-Nahdliyah Karangploso Kabupaten Malang (sertifikat hak cipta). 000513821.

[img]
Preview
Text
15507.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Orisinalitas temuan dalam pengabdian ini adalah bagaimana mengembangkan teori PAR (Participation Action Research) pada penerapan konsep zero waste dibutuhkan agar pengelolaan sampah di kawasan urban bukan cuma semakin ramah lingkungan. Tetapi, juga kian mendatangkan manfaat ekologis, sosial, dan ekonomi. Tidak lagi hanya menjadi trend, namun zerowaste ini berkembang menjadi norma di generasi zilenial di Indonesia. Pengabdian ini menemukan bahwa santri pada PPAI An-Nahdliyah merespon positif perilaku ramah lingkungan dengan pemilahan sampah, serta mendapatakn kreativitas yang tinggi dalam proses daur ulang sampah botol plastic menjadi produk yang memiliki nilai seperti buket bunga, tempat pensil, hiasan dinding dan sebagainya. Namun demikian, keberlanjutan program ini masih perlu ditingkatkan lagi. Maka dari itu, pengabdian ini merekomendasikan perlunya peningkatan secara terus menerus sumberdaya santri untuk berperilaku ramah lingkungan serta memanfaatkan limbah sampahnya dalam bentuk reduce, reuse ataupun recycle sehingga gaya hidup zerowaste terbentuk serta pengawasan antar masing-masing santri.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: perilaku ramah lingkungan; pengelolaan sampah; zero waste; PAR; sampah anorganik
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Nihayatu Aslamatis Solekah
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item