Penerapan prinsip deklaratif dalam pendaftaran hak cipta oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (studi di kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur)

Fidhayanti, Dwi and Yaqin, Moh. Ainul (2023) Penerapan prinsip deklaratif dalam pendaftaran hak cipta oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (studi di kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur). Perspektif, 28 (2). pp. 94-109. ISSN 24067385

[img]
Preview
Text
15540.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penerapan prinsip deklaratif dalam pendaftaran hak cipta mengalami kerancuan akibat pemberian wewenang kepada Sub Bidang Kekayaan Intelektual dalam pencatatan ciptaan, yang bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan data primer dan sekunder melalui tahapan Editing, Classifying, Verifikasi, Analysis, dan Conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendaftaran hak cipta secara deklaratif hanya diperoleh setelah ciptaan berwujud nyata. Pencatatan hanya dianggap bukti bahwa karya sudah selesai. Proses dimulai dengan tracking setelah pelaporan pelanggaran hak cipta oleh pencipta. Setelah verifikasi, berkas dikirim ke Polda Jatim untuk penyidikan, lalu hasilnya disampaikan ke Sub-bidang Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur. Meskipun demikian, penerapan prinsip deklaratif perlu disesuaikan untuk menghindari kerancuan dan memastikan kepatuhan terhadap undang- undang hak cipta yang berlaku.

Item Type: Journal Article
Keywords: prinsip deklaratif; pendaftaran hak cipta; DirjenKI
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180115 Intellectual Property Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Dwi Fidhayanti
Date Deposited: 19 Sep 2023 16:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item