Analisa karakteristik perkembangan open access software institutional repository populer (Eprints Dan Dspace)

Rifqi, Ach. Nizam ORCID: https://orcid.org/0009-0005-8134-4044 (2023) Analisa karakteristik perkembangan open access software institutional repository populer (Eprints Dan Dspace). In: Bunga rampai sumber daya kearsipan. Madza Media, Malang, pp. 1-14. ISBN 978-623-130-066-9 Author : Ach. Nizam Rifqi, Nizam.

[img] Text
15781.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bunga rampai Kearsipan- Artikel ini menganalisa karakteristik perkembangan open access software IR (institutional repository) yang cukup populer digunakan yaitu Eprints dan Dspace. Eprints dan Dspace hadir sebagai wadah dalam manajemen pengelolaan dan akses konten IR yang dalam perkembangannya juga cukup populer digunakan selama beberapa dekade terakhir. Beberapa perkembangan dikedua software tersebut dilihat pertama dari analisa perbandingan meliputi aspek infrastruktur, tampilan, pengawasan dan kontrol koleksi, temu kembali koleksi, perangkat publikasi, pelaporan, fitur multimedia, fitur media sosial, otentifikasi, serta preservasi. Kedua perkembangan dilihat dari animo penggunaan kedua software yang dilihat dari ROAR (Registry of Open Access Repositories) dan OpenDOAR (Directory of Open Access Repositories) yang merupakan pengindeks web portal IR. Berdasarkan hasil kedua analisa tersebut dapat dikatakan bahwa baik software Eprints dan Dspace sampai sejauh ini memiliki banyak kesamaan dari beberapa aspek terkait fitur-fitur yang dimiliki dan dalam penggunaannya dapat dikatakan cukup populer sebagai software dalam penggunaannya untuk melakukan pengelolaan dan akses IR.

Item Type: Book Section
Keywords: open access; open-source software; IR (institutional repository); eprints; dan dspace
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080704 Information Retrieval and Web Search
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies
Divisions: Faculty of Technology > Department of Library and Information Science
Depositing User: Ach. Nizam Rifqi
Date Deposited: 16 Nov 2023 13:52

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item