Komparasi konsep perkembangan psikologi manusia Fakhrudin Ar-Razi dan Sigmund Freud

Huda, Miftahul and Soleh, Achmad Khudori ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5145-6046 (2023) Komparasi konsep perkembangan psikologi manusia Fakhrudin Ar-Razi dan Sigmund Freud. Psikobuletin: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (3). pp. 209-221. ISSN 27208958

[img]
Preview
Text
15841.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (426kB) | Preview

Abstract

Perkembangan manusia selalu mengalami dinamika perubahan baik secara fisik maupun mental. Hal ini muncul beberapa pandangan baik di kalangan tokoh Psikologi sendiri, maupun tokoh Islam. Tema ini penting untuk di kaji karena banyak spekulasi bagaimana orang-orang muslim menganut konsep teori barat dan menyampingkan pemikiran ilmuan tokoh muslim yang dianggap tidak ilmiah, padahal jauh sebelum itu ilmuan muslim telah membahasnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkomparasikan konsep perkembangan manusia perspektif Fakhrudin Ar-Razi dan Sigmund Freud. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan library research (penelitian literatur). Penelitian literatur dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi melalui pustaka, kemudian mencatat dan mengolah data yang sudah didapatkan. Hasil dari penelitian ini ialah 1) konsep perkembangan manusia menurut Fakhrudin Ar-Razi terdiri dari empat tahapan yaitu: usia pertumbuhan, usia remaja, usia paruh baya, dan usia tua. 2) konsep perkembangan manusia menurut Sigmund Freud terdiri dari lima tahapan yaitu: fase oral, anal, falis, laten, dan genital. 3) Komparasi teori Fakhrudin Ar-Razi dan Sigmund Freud.

Item Type: Journal Article
Keywords: Fakhruddin Ar-Razi; komparasi; perkembangan manusia; Sigmund Freud
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Graduate School of Master of Psychology
Depositing User: Dr Achmad Khudori Soleh
Date Deposited: 23 Oct 2023 10:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item