Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kelekatan remaja “studi pada mahasiswa”

Alfayn, Chindy Maulidya and Ayu, Selly Candra ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4328-8302 (0011) Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kelekatan remaja “studi pada mahasiswa”. Research Report. Fakultas Psikologi, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
15893.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Kelekatan antara remaja dengan orangtua menjadi faktor penting dalam membentuk perilaku remaja, termasuk dalam hal keterlibatan orangtua dalam pengasuhan. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan dapat memberikan dampak yang positif pada perkembangan dan kesejahteraan remaja. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan merupakan hal yang sangat penting. Untuk mengetahui pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kelekatan remaja studi pada mahasiswa
Penelitian ini merupakan penenelitian adalah Kuantitatif Korelasional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa UIN Malang. Lokasi penelitian akan dilakukan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Instrument penelitian ini akan menggunakan Skala Kelekatan Remaja dan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan. Teknik Analis Data akan dilakukan dengan Uji Regresi Sederhana.
Hasil penelitian ini mengungkapkan hubungan positif yang signifikan antara keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan kelekatan remaja. Hasil penelitian ini memberikan pandangan penting bagi pembentukan kebijakan dan program intervensi yang mendorong keterlibatan aktif ayah dalam pengasuhan. Hal ini berpotensi membantu memperkuat ikatan emosional antara ayah dan remaja, sekaligus membentuk dasar perkembangan psikososial yang sehat.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: keterlibatan ayah; pengasuhan; kelekatan remaja
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Selly Candra Ayu
Date Deposited: 20 Oct 2023 11:03

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item