Manajemen pengelolaan perpustakaan berbasis INLISLite di perpustakaan sekolah dalam lingkup binaan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Batu (sertifikat hak cipta)

Wahyu Hariyanto et al. (2023) Manajemen pengelolaan perpustakaan berbasis INLISLite di perpustakaan sekolah dalam lingkup binaan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Batu (sertifikat hak cipta). 000530116.

[img]
Preview
Text
15908.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan teknologi sudah banyak dilakukan di semua bidang, tidak ketinggalan penggunaan teknologi ini juga diterapkan di sebuah perpustakaan. Salah satu perangkat lunak yang sudah banyak dipakai untuk kegiatan otomasi perpustakaan adalah aplikasi INLISLite.Berdasarkan informasi dan observasi yang dilakukan dari hasil kunjungan prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, berdasarkan kondisi yang ada di perpustakaan sekolah Kota Batu dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu adanya kegiatan pelatihan untuk dapat menambah wawasan dan edukasi kepada pihak sekolah wilayah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu terutama pengelola perpustakaan. Salah satunya yang dianggap penting adalah kegiatan sosialisasi dan pembelajaran aplikasi INLISlite untuk pustakawan sekolah, yang berada di wilayah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu.Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta peningkatan kualitas penguasaan teknologi terbaru dari pihak pustakawan sehingga pada akhirnya adanya peningkatan di dalam pelayanan perpustakaan sekolah. Kegiatan pelatihan penggunaan INLISlite dilakukan dengan mengundang pustakawan dari sekolah yang berada di daerah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu. Kegiatan pelatihan rencana akan dilaksanakan secara dua bertahap. Tahap pertama adalah sosialisasi kebermanfatan penggunaan teknologi INLISlite, para peserta akan diberi materi sekilas tentang INLISlite dilanjut dengan pelatihan instalasi aplikasi INLISlite. Tahap kedua peserta akan diberi panduan dalam melakukan masukan (input) data koleksi, manajemen tata kelola, pengaturan sirkulasi dan sebagainya.
Setelah kegiatan pelatihan dilaksanakan, dilaksanakan kegiatan pendampingan yang akan dibantu oleh para mahasiswa di sekolah peserta pelatihan yang memiliki kendala atau permasalahan dalam penggunaan aplikasi INLISlite. Kegiatan pendampingan akan dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan setelah kegiatan pelatihan dilaksanakan. Harapan dari kegiatan pendampingan yang dilakukan adalah semakin memberikan kemudahan bagi peserta pelatihan dalam menerapkan aplikasi INLISlite di perpustakaan sekolah.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: integrated library system; INLISLite; perpustakaan sekolah
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies
Divisions: Faculty of Technology > Department of Library and Information Science
Depositing User: Ach. Nizam Rifqi
Date Deposited: 24 Oct 2023 11:02

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item