Representation of university student’s religious diversity and moderation in contemporary Melbourne Victoria

Rahardjo, Mudjia, Millie, Julian, Susanto, Djoko and Priatmoko, Sigit ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0968-7163 (2023) Representation of university student’s religious diversity and moderation in contemporary Melbourne Victoria. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
15946.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56MB)

Abstract

Perguruan tinggi (PT) memiliki peran strategis dalam pencegahan radikalisme dan terorisme melalui penguatan moderasi beragama. Meskipun isu-isu terkait moderasi beragama selama ini telah banyak menarik minat masyarakat akademik, belum banyak peneliti yang memberikan perhatian khusus terhadap representasi sikap moderat mahasiswa perguruan tinggi di wilayah metropolitan yang memiliki keragaman etnis, budaya urban, dan agama yang tinggi seperti Melbourne. Fokus utama penelitian ini adalah mengungkap bagaimana mahasiswa perguruan tinggi di wilayah urban metropolitan, Melbourne, merepresentasikan moderasi beragama dalam keseharian mereka. Selain itu, penelitian ini juga berusaha memotret bagaimana kebijakan perguruan tinggi yang mendukung moderasi beragama diimplementasikan dengan menelusuri aktivisme mahasiswa yang merepresentasikan moderasi beragama, sarana prasarana yang disediakan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan dan kegiatan pendukung lainnya. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kerangka konstruktivisme dengan mempertimbangkan pentingnya konstruksi nilai yang dimunculkan atas representasi sikap moderat dan toleran yang ditunjukkan oleh para mahasiswa perguruan tinggi di kawasan Victoria. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sosiolinguistik Kritis. Penelitian ini dilakukan di tiga universitas di Negara Bagian Victoria, yaitu Monash University, Deakin University, dan University of Melbourne. Pengumpulan data dilakukan dalam dua tahapan, yaitu daring dan luring. Tahap daring dilakukan pada bulan Maret menggunakan aplikasi Zoom. Peneliti menggunakan indepth interview untuk mengeksplorasi lebih mendalam konstruksi makna Religious Diversity dan Moderasi Beragama dan bagaimana keduanya direpresentasikan melalui bahasa. Selain FGD dan in depth interview, peneliti juga melakukan observasi di lokasi penelitian. Peneliti melakukan analisis konten (content analysis) atas kebijakan PT yang dapat diakses secara terbuka. Analisis atas hasil wawancara dengan mahasiswa dan observasi terhadap representasi moderasi dalam keseharian mahasiswa dilakukan dengan melakukan konfirmasi atas 4 indikator moderasi yang direkomendasikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (2019), yaitu (1) komitmen kebangsaan, (2) toleransi, (3) anti kekerasan, dan (4) akomodatif terhadap tradisi dan budaya. Hasil penelitian menunjukkan Religious Diversity dimaknai oleh mahasiswa muslim asal Indonesia dalam dua bentuk, yaitu agama sebagai ranah privat dan keragaman agama sebagai fenomena sosial. Sedangkan Moderasi Beragama dimaknai sebagai titik temu perbedaan, keterbukaan pikiran, serta keseimbangan dalam beragama. Pemaknaan terhadap keduanya ‘space and place bound’. Hal ini disebabkan konstruksi makna yang terjadi merupakan hasil dialog dengan konteks sosial Melborne yang melingkupi subyek penelitian. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa konsep Moderasi Beragama belum familiar di kalangan mahasiswa diaspora di Melbourne. Meski demikian, mereka telah merepresentasikan nilai-nilai moderat sesuai dengan indikator Moderasi Beragama.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: moderasi beragama; perguruan tinggi; religious diversity
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Sigit Priatmoko
Date Deposited: 24 Oct 2023 13:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item