Keefektifan konseling individu pendekatan cognitive behavior modification untuk meningkatkan disiplin mahasiswa (sertifikat hak cipta)

Roiyan One Febriani (2023) Keefektifan konseling individu pendekatan cognitive behavior modification untuk meningkatkan disiplin mahasiswa (sertifikat hak cipta). 000446384.

[img]
Preview
Text
15984.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan kemampuan dalam mengarahkan dan mengatur kepribadian masing-masing individu sebagai pengontrol terhadap diri sebagai upaya untuk mencapai tujuan. Perilaku disiplin merupakan salah satu hal yang harus dikembangkan pada diri mahasiswa agar dapat menunjukkan sejauh mana penerimaan mahasiswa terhadap perilaku yang hendak ditunjukkan di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan konseling individu pendekatan cognitive behavior modification untuk meningkatkan disiplin mahasiswa PGMI.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest and posttest control group design. Berdasarkan hasil pengukuran dengan skala disiplin diri terdapat 12 mahasiswa yang teridentifikasi mengalami tingkat disiplin diri rendah. Selanjutnya dari 12 mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 6 mahasiswa berada pada kelompok eksperimen menggunakan pendekatan cognitive behavior modification dan 6 mahasiswa pada kelompok kontrol menggunakan pendekatan realita. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala disiplin diri dan pedoman wawancara.

Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Two Independent Test-Mann-Whitney U digunakan untuk membandingkan hasil skor posttest kedua kelompok. Berdasarkan hasil uji Two Independent Test-Mann-Whitney U nilai posttest pada kelompok eksperimen sebesar 103,67 sedangkan pada kelompok kontrol yaitu 89.8 dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) atau nilai signifikansi sebesar 0,004 atau kurang dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling dengan pendekatan cognitive behavior modification dinilai lebih efektif dalam meningkatkan disiplin mahasiswa dibandingkan konseling pendekatan realita.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: cognitive behavior modification; disiplin diri; mahasiswa
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Roiyan One Febriani
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:22

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item