Efektivitas aplikasi Discord terhadap kemampuan listening mahasiswa Tadris Bahasa Inggris (laporan penelitian dan sertifikat hak cipta)

Alfi Nur Nadiva Soetam Rizky et al. (2023) Efektivitas aplikasi Discord terhadap kemampuan listening mahasiswa Tadris Bahasa Inggris (laporan penelitian dan sertifikat hak cipta). 000529669.

[img]
Preview
Text
16014.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16014-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa dituntut menguasai kemampuan bahasa Inggris yang baik salah satunya kemampuan listening di era digital dengan teknologi yang masif. Aplikasi Discord menjadi salah satu media pembelajaran berbasis Mobile Assisted Language Learning (MALL) yang dapat meningkatkan kemampuan listening secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi Discord dalam pembelajaran listening. Peneliti menggunakan metode kuantitatif berupa quasi-experimental dengan mahasiswa Tadris Bahasa Inggris sebagai subjek penelitiannya. Instrumen penelitian berupa pre-test dan post-test yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan eksperimental yang diberi treatment berupa aplikasi Discord. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai yang signifikan pada kelas eksperimental. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi Discord efektif dalam meningkatkan kemampuan listening mahasiswa Tadris Bahasa Inggris.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Discord; listening; media pembelajaran
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200303 English as a Second Language
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of English Language Education
Depositing User: Rendhi Fatrisna Yuniar
Date Deposited: 03 Nov 2023 09:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item