Pengaturan kesulitan dinamis berbasis capaian pemain pada Serious Game Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup (SGPILH) sebagai media alternatif belajar pada madrasah ibtidaiyah

Nugroho, Fresy ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9448-316X, Bahtiar, Firma Sahrul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6812-198X and Basid, Puspa Miladin Nuraida Safitri A (2023) Pengaturan kesulitan dinamis berbasis capaian pemain pada Serious Game Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup (SGPILH) sebagai media alternatif belajar pada madrasah ibtidaiyah. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (In Press)

[img] Text
16062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Serious Game Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup (SGPILH), yang diajukan peneliti pada tahun 2022, mampu menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan hidup. Namun masih menyisakan kebosanan pada sisi siswa, karena tingkat kesulitan yang ditampilkan dalam SGPILH, menjadi monoton dan menyebabkan kejenuhan. Oleh karena itu, dalam penelitian lanjutan ini, peneliti mengusulkan pengaturan kesulitan, yang secara dinamis mengikuti capaian pemain.
Harapan yang hendak diraih melalui Pengaturan kesulitan dinamis pada SGPILH adalah, siswa tetap tertarik bermain, siswa semakin penasaran dengan game, siswa tetap dapat menikmati game dan merasa tidak monoton dan tidak mudah jenuh. Guna mencapai pengaturan kesulitan secara dinamis, peneliti menggunakan Neural Network agar perubahan kesulitan yang dihasilkan bersifat alami.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: kesulitan dinamis; serious game; pendidikan Islam dan lingkungan hidup; madrasah ibtidaiyah
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Fresy Nugroho
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item