Pengembangan aplikasi Android pembelajaran penilaian kelayakan finansial UMKM untuk meningkatkan pemahaman analisa laporan keuangan mahasiswa (sertifikat hak cipta)

Kholilah, Tiara Juliana Jaya, Kartika Anggraeni Sudiono Putri, dan Kurniawati Meylianingrum (2023) Pengembangan aplikasi Android pembelajaran penilaian kelayakan finansial UMKM untuk meningkatkan pemahaman analisa laporan keuangan mahasiswa (sertifikat hak cipta). 000534205.

[img] Text
16088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Era society 5.0 mengusung konsep yang berpusat pada manusia dan pemanfaatan penggunaan ilmu pengetahuan berbasis teknologi digital dan inovasi. Tak luput salah satunya pada proses pembelajaran. Penggunaan aplikasi dalam pembelajaran memiliki berbagai manfaat antara lain mendukung mahasiswa lebih aktif dan mandiri serta membiasakan pada penggunaan teknologi, internet dan bahasa digital.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengakomodir kebutuhan pembelajaran Mata Kuliah Akuntasi Keuangan Menengah 1 yang tidak berpusat pada pengajar, namun menekankan pada kemandirian belajar mahasiswa dengan dukungan pengembangan aplikasi pembelajaran penilaian kelayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan lima tahapan pengembangan yakni Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate (ADDIE) hingga dihasilkan website Fincaledu yang dapat digunakan mahasiswa dalam pembelajaran. Pengembangan aplikasi ini berfokus pada tampilan website yang lebih mudah dioperasionalisasikan oleh mahasiswa dan perangkat pembelajaran pendukung.
Hasil uji Kruskal Wallis menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai mahasiswa sebelum dan sesudah implementasi media pembelajaran dengan website Fincaledu. Penggunaan media pembelajaran berbasis website Fincaledu terbukti mampu menstimulus semangat belajar mahasiswa, sehingga mahasiswa mengalami peningkatan nilai setelah penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: website-based learning; kelayakan usaha; pembelajaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Kholilah Kholilah
Date Deposited: 06 Nov 2023 15:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item