Rahmaniyah, Istighfarotur (2010) Pendidikan etika: Konsep jiwa dan etika perspektif Ibnu Miskawaih dalam kontribusinya di bidang pendidikan. UIN-Maliki Press, Malang. ISBN 978-602-958-266-6 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Full text not available from this repository.Abstract
Berbagai ilmu yang diajarkan dalam kegiatan pendidikan seharusnya tidak diajarkan hanya karena ilmu itu sendiri, atau tujuan akademik saja. Tetapi, juga mengacu pada tujuan lain yang lebih substansial, pokok, dan hakiki, yaitu etika yang mulia. Dengan kata lain, setiap ilmu membawa misi etika. Untuk melihat sisi etika Islam yang terdapat dalam setiap ilmu yang diajarkan diperlukan adanya kemampuan metodologi dan pendekatan dalam penyampaian setiap ilmu. Misalnya, seseorang yang mengajarkan ilmu matematika atau fisika, selain menggunakan pendekatan keilmuan, juga dapat menggunakan pendekatan secara integrated, yaitu dengan melihat ilmu tersebut dari sudut lainnya, misalnya dari aspek etika atau akhlak.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Etika; Etika Yang Mulia; Aspek Etika; Akhlak |
Depositing User: | Imam Rohmanu |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 17:52 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |