Pendidikan etika: Konsep jiwa dan etika perspektif Ibnu Miskawaih dalam kontribusinya di bidang pendidikan

Rahmaniyah, Istighfarotur (2010) Pendidikan etika: Konsep jiwa dan etika perspektif Ibnu Miskawaih dalam kontribusinya di bidang pendidikan. UIN-Maliki Press, Malang. ISBN 978-602-958-266-6 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai ilmu yang diajarkan dalam kegiatan pendidikan seharusnya tidak diajarkan hanya karena ilmu itu sendiri, atau tujuan akademik saja. Tetapi, juga mengacu pada tujuan lain yang lebih substansial, pokok, dan hakiki, yaitu etika yang mulia. Dengan kata lain, setiap ilmu membawa misi etika. Untuk melihat sisi etika Islam yang terdapat dalam setiap ilmu yang diajarkan diperlukan adanya kemampuan metodologi dan pendekatan dalam penyampaian setiap ilmu. Misalnya, seseorang yang mengajarkan ilmu matematika atau fisika, selain menggunakan pendekatan keilmuan, juga dapat menggunakan pendekatan secara integrated, yaitu dengan melihat ilmu tersebut dari sudut lainnya, misalnya dari aspek etika atau akhlak.

Item Type: Book
Keywords: Pendidikan Etika; Etika Yang Mulia; Aspek Etika; Akhlak
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 27 Mar 2017 17:52

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item