Inovasi pengolahan sampah organik terpadu melalui budidaya maggot di pondok pesantren Darul Hidayah Pateguhan Pandaan (sertifikat hak cipta)

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (2023) Inovasi pengolahan sampah organik terpadu melalui budidaya maggot di pondok pesantren Darul Hidayah Pateguhan Pandaan (sertifikat hak cipta). 000535322.

[img]
Preview
Text
16204.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali potensi baik pada sektor industri, perdagangan, pendidikan, ekonomi, pariwisata dan pertanian, disamping itu Kabupaten Pasuruan juga terkenal dengan banyaknya pesantren. Salah satu pesantren yang sedang dalam proses perintisan dan pengembangan adalah Pesantren Darul Hidayah di Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Kegiatan santri di pesantren disamping belajar ilmu agama mereka juga dilatih untuk kegiatan lain diantaranya adalah program-program kewirausahaan, melalui beberapa kegiatan diantaranya budidaya tanaman herbal, perikanan dan peternakan. Salah satu permasalahan dalam proses pengembangan pesantren adalah pengolahan sampah yang belum dapat dilakukan secara terpadu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada kegiatan pelatihan pengolahan sampah terpadu dengan Maggot (Black Soldier Fly). Hasil kegiatan ini, selain bertujuan agar sampah organik dapat dikelola dengan baik juga dapat mengembangkan hasil budidaya maggot menjadi produk-produk bernilai ekonomis. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ABCD dengan memanfaatkan aset-aset yang telah dimiliki oleh pesantren. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan sederhana budidaya Maggot. Dari hasil pelatihan ini, santri dan masyarakat sekitar pesantren memahami dasar-dasar budidaya maggot dalam pengolahan sampah terpadu melalui praktikum sederhana pengolahan sampah organik terpadu dengan maggot.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: inovasi; maggot; sampah; organik
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: muhammad asmuni hasyim
Date Deposited: 09 Nov 2023 14:14

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item