Cyberbullying ditinjau dari kontrol diri dan regulasi emosi

Rasyid, Abdullah, Maimanah, Maimanah, Nuqul, Fathul Lubabin ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3789-9940, Rahayu, Iin Tri and Ridho, Ali ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6818-0998 (2023) Cyberbullying ditinjau dari kontrol diri dan regulasi emosi. Jurnal Penelitian Psikologi, 14 (2). pp. 75-82. ISSN 2087-3441

[img]
Preview
Text
16240.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (317kB) | Preview

Abstract

Baru-baru ini netizen Indonesia tercatat sebagai netizen paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying pada pengguna Tiktok. Menggunakan rancangan kuantitatif penelitian ini melibatkan 101 subjek. Ada tiga alat ukur yang digunakan yaitu skala regulasi emosi, skala kontrol diri, dan skala cyberbullying. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara kontrol diri dan regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying secara simultan pada pengguna Tiktok. Secara parsial kontrol diri juga tidak ada hubungan dengan perilaku cyberbullying tetapi regulasi emosi berhubungan negatif dengan cyberbullying. Apapun tingkatan kontrol diri yang dimiliki tidak mempengaruhi individu menahan diri dari melakukan cyberbullying. Namun semakin baik regulasi emosi yang dimilikisemakin rendah kecenderungan perilaku cyberbullying. Implikasi penelitian ini menunjukkan regulasi emosi dibutuhkan untuk memilah mana emosi yang perlu ditunjukan dan mana yang harus disimpan agar tidak terjadi cyberbullying

Item Type: Journal Article
Keywords: kontrol diri; regulasi emosi; cyberbullying; pengguna TikTok
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr Fathul Lubabin Nuqul
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:46

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item