Produksi bibit tanaman unggul dengan teknik sambung dan tempel di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang

Suyono, Suyono, Suheriyanto, Dwi, Wahyudi, Didik, Prahardika, Bayu Agung ORCID: https://orcid.org/0009-0005-3734-4733 and Hasyim, Muhammad Asmuni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9681-6033 (2022) Produksi bibit tanaman unggul dengan teknik sambung dan tempel di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang. Community Service Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
16254.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat Program Studi Biologi pada periode tahun anggaran 2021/2022 dilaksanakan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen di Kabupaten Malang. Analisis kebutuhan pengabdian masyarakat berbasis kepada kebutuhan objek setempat, terutama dibidang Ekologi khususnya terkait upaya konservasi beberapa jenis tanaman unggul melalui metode yang effisien dan selanjutnya dapat menempatkan SMK Cendika Bangsa sebagai salah satu sekolah yang mendukung terhadap lingkungan hidup terutama dalam pemanfaatan lahan sekolah untuk budidaya jenis-jenis tanaman unggul demi mendukung program menteri lingkungan hidup dalam program adiwiyata. Program pengabdian ini dilaksanakan melalui kolaborasi dengan Program Studi Biologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang khususnya kelompok bidang ekologi dan konservasi. SMK Cendika Bangsa merupakan sekolah yang berbasis teknologi diantaranya adalah Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian. Tetapi, masih terkendala dengan beberapa teknologi khususnya di bidang Agribisnis tanaman. Berdasarkan diskusi pengantar yang dilakukan pada bulan Februari 2022, SMK Cendika Bangsa membutuhkan pengembangan keterampilan ekologi dan konservasi demi mendukung program menteri lingkungan hidup terkait program adiwiyata secara baik dan berkelanjutan. Oleh karena itu Program Studi Biologi khususnya kelompok Ekologi dan Konservasi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bekerja sama dengan SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang untuk mengadakan pengabdian masyarakat dengan judul utama “Kegiatan Produksi Bibit Tanaman Unggul dengan Teknik Sambung dan Tempel di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang".

Item Type: Community Service
Keywords: bibit; tanaman unggul; teknik sambung; tempel
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management > 070106 Farm Management, Rural Management and Agribusiness
07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management > 070107 Farming Systems Research
07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0703 Crop and Pasture Production > 070305 Crop and Pasture Improvement (Selection and Breeding)
07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0706 Horticultural Production > 070601 Horticultural Crop Growth and Development
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Bayu Agung Prahardika
Date Deposited: 10 Nov 2023 16:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item