Menyelidiki Dampak Teknologi Kelas Terhadap Kemajuan Siswa pada Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan)

Sugiarti, Tutut (2023) Menyelidiki Dampak Teknologi Kelas Terhadap Kemajuan Siswa pada Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan). Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3 (2). pp. 108-120. ISSN 2775-7188, 2775-717X

[img]
Preview
Text
16258.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosedur, implementasi dan penulisan laporan penelitian tindakan kelas berbasis kolaborasi. Penelitian ini dilakuan menggunakan metode penelitian berbasis library research (Penelitian Kepustakaan), dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dengan prosedur identifikasi masalah pembelajaran yang ditemui di kelas oleh pendidik, lalu melakukan perumusan masalah, melakukan perencanaan penelitian, penentuan instrumen penelitian, pelaksanaan penelitian, analisis data dan penulisan laporan. Implementasi dilakukan melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, obervasi, dan tindak lanjut. Implementasi ini dilakukan oleh guru berkolaborasi dengan guru pengajar atau melibatkan pihak lain sebagai pengajar. Laporan PTK pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan penelitian lain, hanya saja uraian dalam penelitian PTK lebih bersifat deskriptif.

Item Type: Journal Article
Keywords: Penelitian tindakan kelas, Kolaborasi, Pembelajaran
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Tutut Sugiarti
Date Deposited: 17 Nov 2023 10:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item