Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Continuing Professional Development) di kalangan pustakawan: studi analisis deskriptif pada pustakawan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Malang

Mufid, Mufid ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6610-1379 and Zuntriana, Ari ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4249-688X (2015) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Continuing Professional Development) di kalangan pustakawan: studi analisis deskriptif pada pustakawan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Malang. Jurnal Pustakawan Online. (Submitted)

[img]
Preview
Text (Fulltext)
Artikel CPD 2015, 9 Des 2015 - Mufid & Ari Zuntriana.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (403kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan pustakawan perguruan tinggi. Tujuannya adalah memahami pengembangan keprofesian berkelanjutan (continuous professional development) di kalangan pustakawan perguruan tinggi swasta di Kota Malang. Metode yang digunakan adalah survei. Data hasil survei dianalisis secara deskriptif. Temuannya adalah (1) workshop, konferensi dan seminar adalah model CPD yang paling banyak diikuti pustakawan namun tingkat partisipasinya mengikuti program CPD masih rendah (61%). (2) Skill yang dibutuhkan pustakawan sebelum mengikuti program CPD adalah kemampuan menggunakan OPAC, kemampuan penelusuran informasi, kemampuan menggunakan media dan jejaring sosial, kemampuan dalam mendigitisasi, kemampuan melakukan tugas referensi secara real time, kemampuan mengunggah dan mengunduh, kemampuan melakukan riset. (3) Sebesar 75% skill dan pengetahuan pustakawan yang diperoleh dari program CPD dimanfaatkan untuk menjalankan pekerjaan pelayanan perpustakaan dan lebih dominan dimanfaatkan pada penggunaan media sosial untuk kegiatan layanan perpustakaan, melakukan kegiatan penelusuran informasi online untuk pemustaka, melakukan tugas-tugas katalogisasi, dan kegiatan konversi format dokumen. Besarnya tingkat pemanfaatan tersebut berkontribusi cukup besar bagi peningkatan kompetensi berkelanjutan pustakawan di dunia perpustakaan. (4) Sebesar 49% pustakawan merasakan kesulitan dalam meningkatkan kompetensi secara berkelanjutan. Rekomendasi hasil penelitian adalah diharapkan dapat menjadi refleksi sekaligus acuan bagi pustakawan dalam melakukan kegiatan CPD dan menjadi panduan untuk pengambilan kebijakan bagi semua pihak yang berkepentingan (manajemen perguruan tinggi swasta, Perpustakaan Nasional, asosiasi profesi pustakawan) dalam mengadakan pelatihan dan melaksanakan CPD untuk para pustakawan PTS.

Item Type: Journal Article
Keywords: Indonesia; Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; Pustakawan Akademik; Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080706 Librarianship
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: University Library
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 04 Mar 2017 00:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item