Pengembangan ekonomi masyarakat berbasis ekonomi kreatif

Murdiansyah, Isnan ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1825-0097 (2023) Pengembangan ekonomi masyarakat berbasis ekonomi kreatif. In: Militansi Santri dalam Menyongsong Indonesia Emas. UIN Maliki Press, Malang, Indonesia, pp. 9-17. ISBN 978-623-232-896-9 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
16297.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setelah menganut beberapa model kebijakan di Indonesia semenjak merdeka, maka ada banyak hal yang telah dicoba guna mempercepat capaian hasil pembangunann disegala bidang termasuk masalah ekonomi. Dan semenjak memasuki era reformasi sekarang ini lantas masih memberikan peluang bagi perubahan paradigma pembangunan nasional dari model pertumbuhan menuju paradigma pemerataan pembangunan secara lebih adil dan berimbang. Perubahan paradigma ini antara lain diwujudkan melalui kebijakan otonomi daerah dan perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diatur dalam satu paket undang-undang yaitu Undang-Undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang No. 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah guna menjawab tuntutan reformasi dalam hal pengelolaan keuangan berdasarkan deregulasi peraturan bersifat kolektif dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah di daerah mampu dan cakap mengelola angggaran secara bertanggung jawab.
Sejalan dengan kebijakan tersebut tentu merupakan suatu amanah berupa pemberian otonomi daerah dan desentralisasi yang luas, nyata, dan bertanggung jawab kepada daerah merupakan langkah strategis dalam dua hal. Pertama, otonomi daerah dan desentralisasi merupakan jawaban atas permasalahan lokal bangsa Indonesia berupa ancaman disintegrasi bangsa, kemiskinan, ketidakmerataan pembangunan, rendahnya kualitas hidup masyarakat, dan masalah pembangunan sumber daya manusia (SDM). Kedua, otonomi daerah dan desentralisasi fiskal merupakan langkah strategis bangsa Indonesia untuk menyongsong era globalisasi ekonomi dengan memperkuat basis perokonomian daerah.

Item Type: Book Section
Keywords: ekonomi masyarakat; ekonomi kreatif
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Isnan Murdiansyah
Date Deposited: 14 Nov 2023 09:18

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item