The integration of religous moderation EFL clasroom in Islamic junior high school

Kamal, Shofia, Amala, Afdhirotul Isna, Ating, Jenab Paruk and Rohmana, Wahyu Indah Mala (2023) The integration of religous moderation EFL clasroom in Islamic junior high school. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)

[img] Text
16298.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian studi kasus ini menyelidiki integrasi moderasi beragama di kelas EFL khususnya di SMP Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencoba integrasi moderasi beragama dan di SMP Islam. Menginvestigasi perspektif guru dan siswa tentang integrasi juga menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam. Sepuluh siswa dipilih secara acak sebagai sampel. Empat guru bahasa Inggris sengaja juga dipilih sebagai partisipan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasilnya menunjukkan keterpaduan melalui proses belajar mengajar, RPP, dan materi tematik dari guru. Perspektif guru terhadap integrasi tersebut berkaitan dengan kemungkinan guru sebagai pendidik, budi pekerti siswa, dan latar belakang siswa. Siswa menemukan integrasi moderasi beragama memungkinkan mereka belajar tentang budaya Barat yang pantas dan tidak pantas ketika mereka belajar bahasa Inggris. Sensitivitas budaya merupakan bagian dari moderasi beragama yang banyak diterapkan di SMP Islam, kemudian disusul aspek toleransi.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: integrasi pembelajaran; moderasi beragama;pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of English Language Education
Depositing User: Ms. Wahyu Indah Mala Rohmana
Date Deposited: 14 Nov 2023 09:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item