Karakterisasi ragi roti sebagai pengalaman laboratorium berbasis inkuiri dalam pengajaran teknik analisis mikroba di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Saefi, Muhammad (2023) Karakterisasi ragi roti sebagai pengalaman laboratorium berbasis inkuiri dalam pengajaran teknik analisis mikroba di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
16345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)

Abstract

Kegiatan perkuliahan laboratorium seringkali terfokus pada “gaya buku masak”, sehingga kegiatannya belum terintegrasi dengan pemikiran ilmiah sebagai aspek esensial. Dalam penelitian ini, pengalaman laboratorium teknik analisis mikroba didesain ulang menggunakan inkuiri alternatif untuk melibatkan siswa dalam mengisolasi dan mengkarakterisasi ragi pengembang roti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pengalaman laboratorium berbasis inkuiri terhadap peningkatan keterampilan teknis mahasiswa serta struktur dan karakteristik mata kuliah laboratorium. Metode yang digunakan adalah studi kasus tunggal untuk memperoleh gambaran utuh mengenai pelaksanaan desain ulang mata kuliah laboratorium. Kegiatan pengalaman laboratorium terdiri dari pra laboratorium (penguatan teori) dan investigasi (penyusunan metode, kegiatan penyelidikan laboratorium, analisis dan penyajian data, serta penulisan laporan tertulis). Secara keseluruhan, hasil kami menunjukkan bahwa pengalaman laboratorium berbasis inkuiri dapat meningkatkan keterampilan teknik analisis mikroba siswa dalam kolaborasi yang kuat. Selain itu, siswa juga mempertimbangkan beberapa manfaat dari pembelajaran ini, seperti mengembangkan desain dan melakukan pemeriksaan laboratorium mendekati konteks aslinya. Dengan hasil ini, pendidik dapat menggunakan desain ulang kursus laboratorium ini tanpa menerapkan “pengalaman penelitian sarjana berbasis kursus” secara penuh kepada siswa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: karakterisasi ragi roti; inkuiri laboratorium; teknik analisis mikroba
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060505 Mycology
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Muhammad Saefi
Date Deposited: 14 Nov 2023 14:44

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item