Deteksi aktifitas gen penyandi glukomanan pada porang sintetik (Amorphophallus muelleri Blume) hasil mutasi dengan kolkisin dan sinar gamma (sertifikat hak cipta)

Didik Wahyudi, Suyono dkk (2023) Deteksi aktifitas gen penyandi glukomanan pada porang sintetik (Amorphophallus muelleri Blume) hasil mutasi dengan kolkisin dan sinar gamma (sertifikat hak cipta). 000543389.

[img]
Preview
Text
16381.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Induksi mutasi merupakaan metode yang umum digunakan dalam meningkatkan keanekaragaman tumbuhan. Induksi mutasi baik menggunakan sinar gamma maupun kolkisin berhasil meningkatan keanekaragaman porang. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan baik karakter morfologi, anatomi maupun molekuler. Beberapa karakter morfologi seperti tinggi tanaman, jumlah daun, lebar dan panjang daun dan jumlah akar mengalami perubahan dibandingkan dengan kontrol. Selain itu, induksi mutasi juga telah berhasil mempengaruhi aktifitas gen tertentu terutama gen Rbcl dan MatK yang erat hubungannya dengan pembentuk klorofil dan fungsi transkripsi di dalam sel. Lebih lanjut, induksi mutasi secara kimia juga telah berhasil meningkatkan aktifitas gen penyandi glukomanan yang meliputi Cellulose Synthase Like-D (CSLD) maupun gdp-mannose pyrophosphorylase (GMPP)

Item Type: Hak Cipta
Keywords: porang; mutation induction; porang synthetic
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060407 Genome Structure and Regulation
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Didik Wahyudi
Date Deposited: 15 Nov 2023 11:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item