Optimalisasi olahan produk kopi lokal melalui pendampingan kewirausahaan bagi remaja masjid di Kota Malang (sertifikat hak cipta)

Wiku Aji Sugiri; Barianto Nurasri Sudarmawan; Iin Nur Indah Rahmawati; Arista Lia Hevi (2023) Optimalisasi olahan produk kopi lokal melalui pendampingan kewirausahaan bagi remaja masjid di Kota Malang (sertifikat hak cipta). 000515073.

[img]
Preview
Text
16387.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini, selain bubuk dan biji, aneka olahan kopi kini semakin marak di masyarakat. Hal ini memberikan beberapa pengaruh sosial dan psikologis terhadap minat generasi muda dalam memperbaiki gaya hidupnya. Jika dilihat dari konsepnya, pengolahan kopi ini memerlukan keterampilan yang tinggi dan telaten. Remaja Masjid ini dipilih karena mereka memiliki motivasi untuk mempelajari hal baru yang cukup tinggi. Selain ilmu agama, remaja masjid juga perlu diberikan pendampingan di bidang ilmu lain yang sejalan dengan pembangunan sosial. Pengabdian masyarakat ini mengusung konsep berbasis komunitas pembinaan. Komunitas pembinaan ini merupakan praktik pelatihan adaptif yang disesuaikan dengan keunikan komunitas untuk membantu mewujudkan perubahan sistemik melalui pemberdayaan peserta. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga bagian. Tahap pertama kami melakukan FGD untuk menentukan model kegiatan pembinaan. Tahap kedua kami melakukan pendampingan pembinaan mulai dari teori hingga praktek. Tahap ketiga kami mengevaluasi dan memberikan pendampingan terhadap kegiatan mandiri peserta. Pada akhirnya, pasar pengolahan kopi sangat besar. Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap para aktivis muda masjid dapat mulai menggarap pasar kopi ini.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: kopi; community coaching; remaja masjid
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Barianto Nurasri Sudarmawan
Date Deposited: 15 Nov 2023 12:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item